Kalau Gunung Gede Pangrango Meletus, Begini Nasib 3 Kecamatan di Sukabumi

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain menunjukan peta lokasi yang akan menimpa jika Gunung Gede Pangrango meletus. (UPI/RADAR SUKABUMI)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Tiga kecamatan di Kota Sukabumi masuk zona kuning jika Gunung Gede Pangrango meletus. Kendati demikian, Kecamatan Cikole, Gunung Puyuh dan Kecamatan Warudoyong hanyalah berupa aliran lahar dingin.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, dalam peta lokasi potensi bencana letusan gunung berapi, tercatat sejumlah wilayah di Kota Sukabumi masuk kedalam hazard zone 1 atau level satu.

Bacaan Lainnya

“Wilayah yang diperkirakan terdampak yaitu Kecamatan Cikole, Gunung Puyuh dan Kecamatan Warudoyong yang terdapat beberapa aliran sungai dari Gunung Gede Pangrango,” jelasnya, kemarin (2/8).

Untuk wilayah Kecamatan lain, dampak yang dirasakan hanya berupa hujan abu dan lontaran batu (pijar) itupun tergantung dari kondisi arah angin. Adapun untuk abu letusan Gunung Gede Pangrango diprediksi hanya mencapai radius 5 hingga 7 kilometer.

“Semakin jauh wilayah dari Gunung Gede Pangrango maka resiko dari hujan abu akan semakin rendah,” ujarnya.

BPBD Kota Sukabumi telah menyiapkan langkah dan upaya penanganan hingga evakuasi jika hal ini terjadi. Bahkan, pihaknya telah menentukan sejumlah titik yang nantinya akan dijadikan tempat pengungsian.

“Sudah ada sosialisasi terkait pengenalan ancaman letusan gunung berapi dengan melibatkan relawan-relawan BPBD Kota Sukabumi. Kita berikan pembekalan mitigasi terhadap ancaman letusan gunung berapi, selain itu kita juga membuat jalur-jalur untuk evakuasi seandainya bencana terjadi,” pungkasnya.

(upi/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *