32 Pemuda Sukabumi Ikut Pelatihan PBK Biar Siap Kerja

SELEKSI: Puluhan pemuda saat mengikuti seleksi PBK di aula Disnakertans Kabupaten Sukabumi, di Jalan Raya Pelabuhan II, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, belum lama ini.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Puluhan pemuda Kabupaten Sukabumi mendaftarkan diri dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Boarding Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertans) Kabupaten Sukabumi, di Jalan Raya Pelabuhan II, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jumat (2/8).

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan mengatakan, PBK BBPLK ini merupakan momen pelatihan dan pendidikan bagi pemuda yang belum memiliki keterampilan kerja. Setelah pelatihan selesai, diharapkan mereka mampu mengembangkan kelimuannya dan bisa membuka peluang usaha di daerahnya masing-masing. “Ini merupakan ikhtiar Pemkab Sukabumi dalam menekan angka pengangguran. Kami harapkan, pemuda yang sudah mengikuti dan mendapatkan pelatihan ini bisa mengembangkan di daerahnya masing-masing,” ujar Agus Ernawan kepada Radar Sukabumi, Jumat (2/8).

Bacaan Lainnya

Dalam pembukaan rekrutmen kali ini, dari 53 pendaftar, hanya 32 orang yang lulus seleksi. Mereka akan diberangkat untuk dilatih dan diberikan keterampilan. “Jadi ada syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar. Dari 53 yang daftar, hanya 32 yang lulus dan akan mengikuti pelatihan,” imbuhnya.

Peserta yang lulus ini, lanjut Agus, nantinya akan diberikan pemahaman mengenai lima program kejuruan boarding training. Yaitu kejuruan elektronika, operator instrumen, jaringan komputer, mobile programing dan kejuruan refrigasi komersial. “Kami menekankan kepada mereka yang lulus ini agar mengikuti semua pelatihan dengan baik. Ini adalah kesempatan baik untuk menambah keterampilan untuk bekal masa depan,” paparnya.

Perekrutan ini terlaksana setelah adanya koordinasi dan tindaklanjut kunjungan kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi ke BBPLK Bekasi beberapa waktu lalu. “Banyak potensi dan keinginan dari masyarakat Sukabumi yang ingin ikut pelatihan dalam meningkatkan kompetensi keahliannya. Makanya kami kerjasama dengan Bekasi,” jelasnya.

Menurut Agus, keahlian dalam dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan. Baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya. Bila hanya mengandalkan ijazah, maka pemuda di Sukabumi tidak bisa bersaing manakala melamar pekerjaan ke dunia industri. “Untuk itu, kami menjalin kerjasama dengan BBPLK Bekasi untuk membina para pemuda di Sukabumi sesuai dengan potensi keahlian yang dimilikinya,” pungkasnya.

(Den/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *