SUKABUMI

45 IKM Peroleh Sertifikat Nutrition Fact

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi memfasilitasi 45 produk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mendapatkan sertifikat hasil pengujian nutrition fact atau kadar gizi. Semua IKM itu, kini dipastikan telah mengantongi sertifikat yang diharapkannya selama ini.

Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim mengatakan, 45 produk dari 45 pelaku IKM di Kabupaten Sukabumi yang mendapatkan serfikat pengujian nutrition fact ini sudah dinilai dan memenuhi persyaratan. Misalnya saja, memiliki Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), penjualannya konstan dan sertifikat halal. “Untuk meningkatkan daya saing, maka produk IKM ini perlu bersertifikat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen,” kata Aam kepada wartawan.

Menurut Aam, serfikat pengujian nutrition fact ini, nantinya berfungsi sebagai data yang akan dilampirkan pada kemasan produk. Sehingga informasi kadar gizi produk IKM bisa dilihat dan dipercaya para konsumen. “Yang diujinya itu lebih kebanyakan kadar protein, lemak, gula, karbohidrat, air, serat dan pengujian expire date atau daya tahan simpan,” ujarnya.

Aam juga mengaku, ia juga sudah berupaya memfasilitasi 22 IKM untuk design dan cetak kemasan. Bahkan belum lama ini, 12 IKM mendapatkan sertifikasi halal dan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum. “Fasilitas yang kami berikan ini, untuk menjadikan IKM di Kabupaten Sukabumi memiliki daya saing tinggi. Tidak kalah dengan produk pabrikan, IKM di kota besar dan mempersiapkan produk IKM menjadi oleh-oleh para wisatawan,” paparnya.

Aam mengaku optimis, setelah tersertifikasinya produk dari para IKM tersebut nantinya akan dapat mendongkrak kepercayaan konsumen. Lantaran, produk yang diluncurkan sudah terjamin kualitasnya. “Mudah-mudahan setelah disertifikasi, produk para IKM di Kabupaten Sukabumi bisa semakin berkembang pesat ke depannya,” pungkasnya.

 

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan