Sukabumi-Ciranjang Hanya 2 Jam

BERANGKAT: KA Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur diperpanjangan sampai dengan Stasiun Ciranjang dengan perkiranaan waktu pemberangkatan dan kepulang masing-masing 2 jam perjalanan. IST

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Kabar baik bagi masyarakat pengguna transportasi Kereta Api. Kali ini, lintasan pelayanan KA Siliwangi Sukabumi-Cianjur diperpanjangan sampai dengan Ciranjang. Jarak tempuh Sukabumi- Ciranjang pun mencapai kurang lebih 2 jam.

” Mulai hari ini sudah beroperasi, Laporan perjalan KA Siliwangi memerlukan waktu 2 jam sampai dengan Ciranjang dari Sukabumi,” ujar Kepala Statiun Sukabumi, Heru Salam saat dihubungi Radar Sukabumi, kemarin (30/7).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya jarak dari Sukabumi ke Ciranjang itu mencapai 51 kilometer. Sedangkan sebelumnya itu KA Siliwangi beroperasi sampai Cianjur dengan jarak 39 kilometer. “Jadi penambahannya itu 12 kilometer dari Cianjur ke Ciranjang. Dengan melintasi 6 stasiun, hanya menambah statiun Ciranjang saja,” katanya.

Terkait waktu keberangkatannya sendiri, ada tiga waktu, baik dari Sukabumi ke Ciranjang, ataupun sebaliknya. Sementara untuk harga tiket dan kapasitasnya itu sesuai dengan KA Siliwangi. Artinya tidak ada perubahan, hanya jadwal pemberangkatannya saja.

“Kalau dari Sukabumi itu dimulai dari pukul 05.45, 10.55, dan 16.15. Sementara dari Ciranjang ke Sukabumi dimulai dari pukul 08.20, 13.40, dan 18.50. Semuanya kelas ekonomi,” jelasnya.

Disinggung ada rencana untuk perpanjangan lintasan sampai ke Bandung, Heru tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Sebab, dirinya tidak punya kapasitas untuk menjelaskan hal tersebut. “Kalau itu (Langkah awal menuju relasi Sukabumi- Bandung) tidak bisa saya jawab. Itu kewenangan DAOP 2 Bandung,” ucapnya.

Pantauan di hari pertama ini kata Heru kemungkinan masyarakat belum semuanya mengetahui informasi ini. Bisa dikatakan dihari pertama ini pengguna KA Siliwangi masih belum terlihat siginifikan. “Mungkin masyarakat belum tahu, semua keberangkatan, penumpang tidak begitu banyak. Pagi pemberangkatan pertama itu baru 45 orang, kedua 198 orang dan ke tiga 223 penumpang,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Sukabumi, Fajar mengaku gembira dengan adanya kabar perpanjangan lintasan KA Siliwangi ini. Sehingga untuk berpergian ke wilayah Cianjur tidak membutuhkan waktu lama. ” Ya alhamdulilla dengan adanya KA Siliwangi sampai Ciranjang ini memudahkan kita sebagai pengguna KA. Memang deket sih kecianjur menggunakan mobil juga tapi kalau sudah macet jadi nambah lama,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepan KA Siliwangi ini bisa beroperasi sampai dengan Bandung. Sehingga bisa mempercepat waktu untuk menempuh perjalan ke Bandung. ” Saya yakin kalau kebandung itu ada, pasti masyarakat Sukabumi dan Cianjur banyak mengakses KA Siliwangi,” pungkasnya.

(bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *