KABUPATEN SUKABUMIKecamatan GunungpuyuhKOTA SUKABUMI

Porismas Bakal Jadi Agenda Tahunan

GUNUNGPUYUH, RADARSUKABUMI.com – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antara Siswa dan Masyarakat (Porismas) Setukpa Cup 2019 berlangsung meriah di Lapangan Soetadi Ronodipuro, kemarin (22/7). Selain diresmikan oleh Kepala Kepala Setukpa Lemdikpol, Brigjen Pol Agus Suryatno, upacara pembukaan Porismas itu pun dihadiri para pejabat penting Kota dan Kabupaten Sukabumi, sebanyak 2.215 pelajar tingkat SMA dan pesantren Kota/Kabupaten Sukabumi serta ribuan siswa Setukpa Lemdikpol.

Kepala Setukpa Lemdikpol, Brigjen Pol Agus Suryatno mengapresiasi kegiatan yang sudah lama vakum sejak tahun 2002 lalu. Tentunya, kegiatan Porismas ini lanjut dia akan menjadi agenda tahun, sebab dimasukan kedalam kurikulum pendidikan. Tujuannya untuk mempraktekkan dan aplikasikan mata pelajaran para siswa yang menjalani pendidikan di Setukpa Lemdikpol. ” Dalam Porismas ini ada pendidikan kepemimpinan, manajerial dan komunikasi sosial,” ujar Agus.

Ditambahkannya, selain mendidik para siswa Setukpa, kegiatan Porismas ini menjadi ajang mencari bibit berprestasi di tingkat SMA, MA dan Pesantren di Sukabumi. Di mana manajemen talenta memetakan para atlet atau siswa berprestasi olaharga dan seni, serta kecerdasan siswa untuk disalurkan ke bidang masing-masing. “Jngan sampai masyarakat yang punya prestasi berjalan sendiri dan harus dibina. Sehingga kedepan bisa berprestasi di level lebih tinggi,” tambah perwira tinggi berpangkat bintang satu di pundaknya ini.

Agus menerangkan, para Porismas ini dipertandingkan lima kejuaraan diantranya, dari cabang olahraga bolavoli, bola basket, tenis meja, bulutangkis, dan perlombaan baris berbaris. Selain itu ada juga perlombaan keagamaan seperti MTQ dan marawis.

Sementara itu, bak gayung bersambut Walikota Sukabumi Achmad Fahmi pun memberikan lampu hijau untuk kegiatan Porismas ini. Menurut dia, Pemerintah Kota Sukabumi akan berkolaborasi bersama Setukpa Polri dan para siswa yang sedang menjalani pendidikan dalam ajang Porismas berikutnya. Pada 2019 ini masih dalam ujicoba dan pada tahun berikutnya akan menggunakan lapang milik pemda agar masyarakat bisa ikut terlibat secara aktif dalam perlombaan. ”Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Setukpa dan peserta didik Setukpa angkatan ke 48 yang sudah menggelar kembali Porismas. Sebab setelah 17 tahun vakum,”aku Fahmi.

Ia berharap, dalam Porismas ini lahir bibit baru dalam bidang olahraga dan seni yang akan dibina oleh pemerintah kota. Sehingga mereka akan berprestasi dan mengharumkan nama Sukabumi di level nasional maupun internasional. “Nanti bisa gunakan fasilitas milik Pemkot,” imbuh dia.

Disamping itu, hal senada diucapkan pula Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono. Menurut dia, Pemkab mengaku bangga dan apresiasi dengan kegiatan Porismas sebab melibatkan sekolah dan Pondok Pesantren di Kabupaten Sukabumi. “Mudah-mudahan dengan Porismas ini masyarakat lebih dekat dengan polisi, kemudian menjadi peluang minat bakat mereka khususnya di bidang olah raga dan seni. Kami juga akan bantu sesuai dengan kemampuan Pemkab,” pungkasnya.

 

(why)

Tags

Tinggalkan Balasan