SEPAKBOLA

Hamtam Senegal, Aljazair jadi Raja Afrika

CAIRO RADARSUKABUMI.com – Aljazair keluar sebagai juara Piala Afrika 2019 setelah menaklukkan Senegal 1-0 dalam laga final di Cairo Internasional Stadium, Mesir, Sabtu (20/7) dini hari.

Dramatis. Satu-satunya gol yang tercipta dalam laga itu tercipta saat pertandingan baru berjalan dua menit. Striker El Khadra (julukan timnas Aljazair), Baghdad Bounedjah melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengenai kaki Salif Sane kemudian melambung tinggi dan tanpa diduga masuk ke gawang yang dikawal Alfred Gomis.

Upaya Senegal mencari gol penyeimbang selalu gagal. Sadio Mane cs kesulitan membongkar pertahanan Aljazair, tetapi tak satu pun yang berbuah gol.

Aljazair pun menjadi juara Afrika, yang kedua kali sejarah setelah 1990, saat mereka menjadi tuan rumah.

Pelatih Aljazair Djamel Belmadi menyebut kemenangan kali ini sangat luar biasa, bersejarah. Dia mengatakan timnya memang pantas mendapatkan kemenangan.

BACA JUGA: Bawa Nigeria jadi Peringkat Ketiga Piala Afrika 2019, Ighalo Pimpin Daftar Top Skor

“Ini luar biasa. Ini bersejarah. Ini adalah Piala Afrika pertama yang kami menangi di luar perbatasan (negara) kami. Sejak 1990, itu merupakan jalan yang panjang. Kami adalah negara sepak bola. Kami pantas mendapatkannya,” ujar Belmadi kepada beIN Sports.

Dia tak peduli dengan penilaian timnya cenderung bertahan setelah unggul 1-0. “Itu pertandingan yang sangat rumit, sangat sulit. Kami tahu bahwa itu akan diputuskan pada detail kecil. Dan anak-anak bertahan dengan baik. Pemain melakukannya dengan luar biasa,” pungkasnya. (adk/jpnn)

Tags

Tinggalkan Balasan