Non ASN Harus Tercover BPJS TK

SEREMONIAL: Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di saat evaluasi BPJS Ketenagakerjaan di Kota Sukabumi yang digelar di salah satu hotel.

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mendaftarkan honorer menajdi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan kepada tenaga kerja sekaligus amanat dari peraturan.

Orang nomor satu di Kota Sukabumi itu meminta agar semua pekerja formal maupun non formal, termasuk non ASN agar tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu para tenaga kerja dalam pengerjaan kegiatan lelang maupun non lelang pembangunan di Kota Sukabumi. “Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum memasukkan nonPNS ke BPJS Ketenagakerjaan agar segera mendaftarkannya. Soalnya hal ini merupakan komitmen Pemkot terhadap aturan yang dibuat pemerintah,” terangnya, kemarin (16/7).

Bacaan Lainnya

Keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan ini, lanjut Fahmi, selain menjaminkan perlindungan warga negara juga untuk aktif melaksanakan aturan yang dibuat pemerintah. Terutama untuk tenaga nonPNS dan kegiatan sifatnya nonlelang. “Intinya kami bersepakat ingin warga yang ada di Kota Sukabumi mereka tercover atau terjaminkan dalam jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan,Meskipun dengan berbagai jenis pekerjaan yang mereka lakukan baik formal maupun nonformal,” bebernya.

Selain itu, pekerja pada kegiatan pembangunan yang sifatnya tidak melalui lelang ternyata masuk konteks tenaga kerjanya harus dijaminkan melalui BPJS Ketenagaketjaan. Selain kegiatan yang tidak lelang seperti perbaikan ringan di kecamatan dan SKPD juga pekerjanya harus masuk BPJS. “Bahkan, para ujung tombak yang membantu pemerintah dalam proses pembangunan yakni para RT dan RW juga menjadi sasaran kepesertaan BPJS sesuai dengan amanat pemerintah pusat,” pungkasnya.

 

(upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *