Amien Rais Ingatkan Pentingnya Oposis

TEGAS: Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tengah) di Kantor DPP PAN didampingi Ahmad Hanafi Rais (kiri) dan Drajad Wibowo (kanan) saat memberikan keterangan di DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7).Dalam keteranganya Amien Rais menanggapi pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Ketua Dewan Penghormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengatakan betapa pentingnya menjadi oposisi bagi pemerintahan. Menurut Amien Rais, ?peran oposisi juga terhormat karena mengawasi jalannya pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin selama lima tahun ke depan. “Kalau demokrasi tanpa oposisi itu demokrasi bohong-bohongan jadi demokrasi bodong, wong demokrasi nggak ada oposisi gitu,” ujar Amien Rais di DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7).

Parlemen diharapkan Amien Rais juga bisa mengawasi pemerintahan. Walaupun saat ini mayoritas parlemen diisi oleh partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Sehingga diharapkan parlemen juga bisa menjadi kontrol bagi pemerintahan. “Mekanismenya check and balance. Misalnya eksekutif langkahnya sudah macam-macam yang mengecek itu parlemen,” katanya.

Bacaan Lainnya

Amein menegaskan, parlemen jangan menjadi tukang stempel. Artinya menyetujui semua yang dilakukan pemerintah. ?Hal itu supaya demokrasi di Indonesia tetap berjalan. Ada yang terus mengontrol pemerintah lima tahun ke depan. “Kalau parlemen sebagian besar sudah jadi tukang cap stempel atau juru bicaranya eksekutif. Itu artinya lonceng kematian bagi demokrasi,” ungkapnya.

Saat ini Amein Rais berharap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa berjalan dengan baik. Sementara biarkan juga oposisi menjalankan perannya. Supaya roda demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik. “Berikan kesempatan yang utuh kepada Jokowi-Ma’ruf Amin dengan menterinya lima tahun, dan akan kita awasi,” pungkasnya.

 

(jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *