KOTA SUKABUMI

Hewan Kurban di Sukabumi Bakal Disisir DKP3

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bakal melakukan penyisiran lapak penjual hewan kurban dalam waktu yang dekat ini. Kesehatan, kesejahteraan dan kelayakan hewan kurban menjadi sasaran jajaran DKP3 itu.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi menjelaskan, tim monitoring bakal turun ke setiap lapak penjual hewan kurban sebelum hari Idul Adha. Sasarannya, pengecekan kesehatan dan kesejahteraan hewan dilapak yang kini mulai menjamur disetiap pelosok Kota Sukabumi ini.

“Sasaran tim monitoring nantinya kesehatan hewan kurban, mulai dari antisipasi penyakit antraks, cacing, dan yang lainnya. Termasuk, kesejahteraan hewan saat berada di lapak,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (12/7).

Walaupun ditahun sebelumnya tidak ditemukan penyakit pada hewan qurban, lanjut Kardina, pihaknya tetap melakukan antisipasi. Bahkan, DKP3 Kota Sukabumi bakal mengumpulkan panitia qurban dan seluruh DKM di Kota Sukabumi.

“Tahun sebelumnya tidak ada penyakit yang membahayakan pada hewan kurban, tapi walaupun begitu kami tetap saja lakukan antisipasi. Biasanya kami kumpulkan para panitia kurban dan DKM, mereka di berikan pemahaman tentang memilih hewan yang sehat hingga cara menyembelihnya,” bebernya.

Selain kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban yang berada dilapak, pihaknya juga memberikan himbauan kepada setiap penjual untuk tidak memotong sapi betina yang usianya masih produktif. Hal itu dilakukan, sebagai antisipasi pengembanganbuakan hewan di Kota Sukabumi.

“Kami berikan saran kepada setiap penjual, untuk tidak memotong hewan kurban yang jenis kelaminnya betina, Karena, jika hewan betina pada usia produktif dipotong nantinya pengembang biakan hewan terganggu,” ujarnya.

Ditahun sebelumnya, angka kebutuhan hewan kurban di Kota Suakbumi cukup tinggi, bahkan setiap tahunnya terjadi peningkatan sebesar lima persen dari jumlah ditahun sebelumnya. “Tahun lalu, seluruh hewan kurban yang tercatat yakni, sapi 736 ekor, kerbau dua ekor, domba 1704 ekor dan kambing 32 ekor. Sedangkan, jumlah lapak penjualan 76 titik yang tersebar di Kota Sukabumi,” pungkasnya.

(upi/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan