Pemkab Sukabumi

Disnak Kabupaten Sukabumi Ikuti Lomba Tingkat Nasional, Adjo Pun Bangga

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono menerima kedatangan Tim Penilai Abdi Bakti Tani Tingkat Nasional tahun 2019 di Laboratorium Kesehatan Hewan (KESWAN) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (KESMAVET) Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Jalan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, kemarin (12/7).

Penilaian Abdi Bakti Tani ini dilaksanakan bagi Unit-unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) berprestasi dibidang pertanian dan peternakan. “Dua tahun sekali pemerintah pusat melakukan penilaian pelayanan oleh UKPP dibidang Pertanian dan Peternakan Laboratorium Keswan dan Kesmavet,” kata Adjo, kemarin (12/7).

Lanjut Adjo, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi berhasil lulus dari penilaian tingkat kabupaten, Provinsi Jawa Barat dan kini melenggang ke tingkat nasional. “Disnak berhasil menjadi juara pertama atas penilaian yang dilakukan oleh tim penilai tingkat kabupaten dan Jabar. Makanya hari ini dapat mengikuti penilaian tingkat nasional dengan harapan semoga sukses dan menjadi juara pertama,” ujarnya.

Adjo meminta, pelayanan peternakan tidak hanya sampai pencapaian prestasi saja. Namun harus mengupayakan keberpihakan pada kehidupan peternak, memikirkan pengetahuan serta teknologinya. “Mari merubah pemikiran, menjadi peternak itu hebat. Sehingga kedepan harus lahir peternak-peternak muda yang berinovasi,” paparnya.

Ia mengulas, Laboratorium Keswan dan Kesmavet Disnak ini mewakili Jabar di kancah nasional lantaran telah berhasil menjadi juara pertama berdasarkan penilaian tingkat Jabar. “Sarana dan prasarana, dokumen yang ada, SOP, kemudian pemanfaatannya, laboratorium Keswan dan Kesmavet ini sudah sering dirasakan oleh para peternak untuk melakukan pengujian ternak yang dimiliki. Semoga Laboratorium Keswan dan Kesmavet ini sukses menjadi juara tingkat nasional,” ulasnya.

Sementara itu, Paramedik Veteriner Disnak Kabupaten Sukabumi, Nandan Iskandar menambahkan, untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang berhasil ditorehnya ini, pihaknya akan berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan. “Selain itu, kami juga berupaya meningkatkan inovasi pelayanan dengan memberikan kemudahan kepada para pengguna layanan dalam proses pendaftaran dan mendapatkan informasi hasil dari pengujian sampel,” cetusnya.

Kini, sambung dia, Disnak Kabupaten Sukabumi meluncurkan aplikasi pendaftaran untuk pengujian. “Aplikasi android LABFORM ini sudah tersedia diplay store, sehingga masyarakat bisa mendaftar terlebih dulu diapilikasi tersebut,” pungksanya.

(bam/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan