Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

Sehat, Belasan ODGJ Dipulangkan

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com– Sebanyak 16 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Kota Sukabumi yang sebelumnya dirawat di rumah sakit Marzuki Mahdi Bogor dipulangkan. Pemulangan ODGJ asal Kota Sukabumi karena para pasien telah memperlihatkan perkembangan medis yang cukup baik.

Kepada Radar Sukabumi, Kepala Dinas Sosial Kota Suakbumi, Rita Fitri mengungkapkan, pemulangan 16 ODGJ tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan RS Marzuki Mahdi Bogor. “Pemulangan odgj ini karena sudah dinyatakan ada perkembangan yang cukup baik secara medis setelah mendapat perawatan selama 20 hari di RS Jiwa Marzuki Mahdi Bogor,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (11/7).
ODGJ asal Kota Sukabumi ini, merupakan odgj yang tercatat dan memiliki keluarga serta memiliki jaminan kesehatan, bak itu BPJS maupun Jamkesda. “Untuk Odgj yang memiliki keluarga dan jaminan kesehatan itu mendapat perawatan medis secara gratis di RS Jiwa Marzuki Mahdi Bogor,” sebutnya.

Menurut Rita, para ODGJ yang dipulangkan ini memperlihatkan perkembangan yang cukup baik. Artinya, dari yang sebelumnya sering resah dan ngamuk menjadi lebih tenang, bahkan sudah bisa diajak komunikasi. “Sudah cukup baik perkembangannya segera mendapat penanganan medis, susah bisa diajak komunikasi walaupun belum lancar sepenuhnya,” ujarnya.

Usai dikembalikan ke keluarganya masing-masing, pihaknya bersama Dinas Kesehatan bakal melakukan pemantauan dan pendampingan untuk melihat perkembangan dari para ODGJ tersebut. “Kami pantau juga setelah di rumahnya masing-masing melalui pekerja sosial masyarakat (PSM) dan secara medis didampingi oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dimana tempat ODGJ itu tinggal,” pungkasnya.

(upi/t)

Tags

Tinggalkan Balasan