Semua wilayah terancam kekeringan

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, menyebutkan bahwa seluruh wilayah di Kota Sukabumi terancam bencana kekeringan dengan katagori sedang. “Berdasar informasi dari BNPB, di tahun 2019 ini semua kelurahan terancan kekeringan. Tapi katagorinya sedang, ” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, saat diwawancara seusai upacara pembukaan TMMD, di Kelurahan Cikundul, belum lama ini.

Zulkarnain menjelaskan, status tersebut dapat berubah menjadi tinggi manakala selama tiga bulan kedepan tidak terjadi turunnya hujan. Yakni, dari bulan Juli, Agustus, hingga September. “Alhamdulillah beberapa ini turun hujan walau dengan skala kecil dan waktu yang sebentar, ” katanya.
Untuk mengantisipasi terjadinya bencana kekeringan yang berkelanjutan, BPBD setempat menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan upaya hemat air dan menyediakan tandon air. “Disarankan untuk menyediakan tandon air. Jadi manakala turun hujan airnya dapat dijadikan stok, ” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Saat ini, tambah Zulkarnain, pihaknya telah berkoordinasi dengan PDAM setempat untuk melakukan bantuan suplay air ke daerah yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. “Yang jelas kita sudah siap jika terjadi kekeringan di sekitar Kota Sukabumi, ” pungkasnya.

(Upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *