Jokowi Disarankan Tolak Calon Menteri dari Kubu Prabowo

SEGERA DIPERTEMUKAN: Menkopolhukam Wiranto mengatakan, gejolak pasca Pemilu 2019 telah berakhir. Menurutnya, sudah saatnya Jokowi dan Prabowo segera bertemu dan bersalaman. (foto: ist_

RADARSUKABUMI.com – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menilai, presiden terpilih hasil Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi), sebaiknya tak mengajak gerbong parpol pendukung Prabowo masuk dalam kabinet pemerintahan mendatang.

Alasan Ari, dalam demokrasi yang sehat dibutuhkan kelompok oposisi untuk mengontrol jalannya roda pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga sebagai bentuk apresiasi Jokowi terhadap partai politik pendukungnya, yang telah bekerja keras selama masa kampanye Pilpres 2019 berlangsung.

Jokowi harus menyeimbangkan sinergitas kader partai yang mumpuni dengan kebutuhan profiling kabinet mendatang yang sarat dengan tantangan.

“Istilahnya, kader-kader partai pengusung Jokowi-Amin saja sudah full, mengapa juga harus menarik kader partai lain yang kemarin jelas-jelas ‘membantai’ dan ‘membully’ habis Jokowi-Amin dengan serangan fitnah dan hoaks,” ujar Ari kepada JPNN.com, Selasa (9/7).

Menurut pembimbing disertasi di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini, Partai Demokrat dan PAN boleh saja dirangkul Jokowi. Tetapi tidak harus diganjar dengan kursi menteri.

“Partai yang mendukung Jokowi di periode kedua, saya yakini akan mendapat bonus elektoral di Pilpres maupun Pileg 2024 mendatang,” pungkas Ari.

(gir/jpnn/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *