KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Sukabumi Macet, Banyaknya Aktivitas Kendaraan Berat

CIBADAK – Kemacetan kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi. Kali ini, arus lalu lintas tersendat di Jalan Raya Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cibadak, Minggu (7/7). Hal ini, disebabkan banyaknya aktivitas kendaraan berat. Seperti fuso yang melintas di jalan raya nasional tersebut. Akibatnya, kemacetan pun terjadi hingga mengular beberapa kilometer.

Seorang warga Kelurahan Cibadak, Epi Mulyadi (40) mengatakan, kondisi kemacetan di ruas Jalan Raya Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cibadak ini, selalu terjadi setiap harinya. Terlebih disaat jam masuk dan ke luar karyawan pabrik.

“Namun, untuk hari ini kemacetan sangat parah mulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.30 WIB. Kendaraan roda empat maupun roda dua bernjalan merayap. Lantaran, banyak kendaraan fuso yang mengangkut material batu kapur, batu bara dan material lainnya milik perusahaan yang melintasi jalan ini,” jelas Epi kepada Radar Sukabumi.

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk melakukan penertiban dan menekan angka kemacetan arus lalu lintas soal aktivitas kendaraan berat yang melintas di jalan raya tersebut. “Seharusnya aktivitas kendaraan milik perusahaan itu, ada jadwal waktu operasinya. Jangan seperti sekarang, setiap waktu kendaraan berat hilir mudik hingga mengakibatkan kemacetan,” imbuhnya.

Hal serupa dikatakan, Fahmi (29) warga Karangtengah, Kecamatan Cibadak mengatakan, penyebab kemacetan arus lalu lintas di jalur tersebut, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya, selain banyaknya aktivitas kendaraan berat juga banyak yang tidak disiplinnya para pengemudi angkutan umum. Seperti kendaraan yang parkir sembarangan dan pengendara yang menaik-turunkan penumpang disembarang tempat.

“Hal ini, dapat menghambat arus lalu lintas. Selain itu, banyak bahu jalan yang berada di kawasan pabrik yang digunakan para pedagang dan angkutan umum untuk menunggu penumpang. Untuk itu, pemerintah daerah harus segera turun tangan dan memberikan solusi yang baik soal kemacetan arus lalu lintas ini,” pungkasnya. (Den)

Tags

Tinggalkan Balasan