KampusPENDIDIKANUNIVERSITAS NUSA PUTRA

Kejar Akreditasi A

Fakultas Kesehatan UMMI Cetak Lulusan Bertaraf Internasional

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Program Studi (Prodi) D-3 Keperawatan, S-1 Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengadakan kunjungan ke Management and Science University dan MAHSA University College di Malaysia. Pertemuan itu guna memperluas kerja sama fakultas dan prodi di tingkat internasional.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, yakni pada (25-28/6) tersebut dipimpin Ketua Prodi D3 Keperawatan Hendri Hadianto bersama lima orang dosen Prodi Kesehatan yaitu Ria Andriani, Egi Mulyadi, Irawan Danismaya, Erna Safariyah dan Anggun Fajar Ramadani.
“Kunjungan kita ini untuk mewujudkan salah satu misi kita yaitu Internasional Collaborative Program ke Malaysia, di mana sebelumnya kerjasama ini sudah kita laksanakan di UMMI, tinggal mematangkan saja point-point kerjasama yang sudah disepakati,” terang Hendri kepada Radar Sukabumi.
Selama di Malaysia, rombongan mengunjungi dua kampus ternama yaitu Management and Science University dan MAHSA University College. Kunjungan pertama dilaksanakan di Management and Science University pada 27 Juni 2019. Kunjungan tersebut untuk mematangkan poin-poin kerjasama antara UMMI dan MSU yang telah dilaksanakan sebelumnya.
“Alhamdulillah kedatangan kami mendapat sambutan baik, dan disambut langsung oleh Prof. Dr. Eddy Yusuf selaku Vice President of Global Affairs MSU dan juga timnya,”ujarnya menambahkan.
Adapun hasil dari kunjungan, salah satu hasil yang disepakati adalah melanjutkan program kelas internasional dan melanjutkan program D3 untuk mendapatkan gelar Bachelor in Nursing.

“Point kerjasama ini salah satunya mahasiswa UMMI yang sudah menempuh pendidikan di UMMI selama tiga tahun, bisa melanjutkan kuliah satu tahun di Malaysia untuk mendapatkan gelar melanjutkan pendidikan setara Bachelor in Nursing, dan Master in Nursing dan Phd in Nursing Bachelor in Nursing dari MSU,” jelasnya.
Hendri menjelaskan, saat ini UMMI telah membuka kelas internasional salah satunya kelas pendidikan tiga tahun di UMMI dan satu tahun di Malaysia. Sehingga mahasiswa Fakultas Kesehatan UMMI bisa memiliki dua gelar yang setara D3 atau dengan sebutan A. MD. Kep dan S1 atau Bachelor in Nursing dari MSU University dari Malaysia.
“Di hari kedua kunjungan pun dilanjut dengan mengunjungi MAHSA University College,” ulasnya.
Pihaknyaditerima oleh Wakil Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan MAHSA University College, Prof. Dr. Che An Ahmad.
MAHSA University College sendiri merupakan kampus khusus kesehatan, sehingga banyak sekali informasi baru mengenai bidang kesehatan dan keperawatan yang diperoleh. Sebagai langkah awal dari kerja sama yang akan dibangun, kedua belah pihak menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan empat poin utama yaitu pendidikan keperawatan (program D3, S1, S2 dan S3), kerjasama dalam penelitian, Global Mobility Students, dan pertukaran mahasiswa dan dosen.
“Semoga setelah kunjungan ini, Prodi D3 Keperawatan dan Ners yang berada di bawah Fakultas Kesehatan mempunyai nilai akreditasi A dengan kegiatan internasional ini
kemudian program kelas internasional di UMMI bisa berjalan baik,” tandasnya. (wdy)

Tinggalkan Balasan