Pemerintah Kota Sukabumi

Kenaikan PAD 2018 Mencapai 25 Persen

CIKOLE – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Sukabumi dari sektor pajak pada 2018 mengalami penaikan yang cukup luar biasa. Di tahun 2017 pajak daerah di angka Rp. 43 Miliar sedangkan di 2018 mendapatkan Rp. 55 Miliar, kalau dipersentasikan ada kenaikan sebesar 28 persen.

” Peningkatan pajak daerah ini setiap tahunnya terus meningkat, tahun ke tahun bisa meningkat dari 10 sampai 20 persen,” ujar Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada usai diambil sumpah dan janji pelantikan di Gedung Juang, kemarin (28/6).

Dida mengaku kenaikan pajak daerah dari beberapa sektor merupakan hal yang biasa. Apalagi seiring dengan bertambahnya potensi- potensi pajak yang baru. ” Seperti hotel, rumah makan dan lainnya, sehingga pajaknya bertambah,” akunya.

Selain itu, adanya program intensifikasi dan ektensifikasi pajak. Juga dikeluarnya program Pajak Online Kota Sukabumi (Pantas). Program tersebut tentunya untuk memberikan kemudahan pelayanan serta tranparansi bagi wajib pajak ketika akan membayar pajaknya.

” Sehingga mereka bisa dilayanai dengan baik tanpa harus adanya pertemuan antara penagih dan pembayar pajak. Dan menghilangkan kesan yang tidak bagus,” katanya.

BPKD pun saat ini terus berupaya meningkatkan pajak dengan cara melakukan pemasangan transaction Monitoring device disetiap wajib pajak. Hal itu juga merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak, sekaligus untuk menghindari adanya tingkat kebocoran dalam segi pajak.

” Kami saat ini masih terkendala pengadaan taiping box , baru ada 4 hotel yang memakai sistem itu. Alhamdulillah terjadi peningkatan karena transaksi bisa terlihat di aplikasi tersebut,” terangnya.

Diakui Dida masih banyak potensi-potensi lain yang harus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Mudah-mudahan kedepannya PAD dari sektor pajak ini akan terus bertambah. ” Kami juga ingin ada peran dari semua pihak terutama peran pers untuk mengingatkan pemerintah.

Kita kan harus berkolaborasi dari semua elemen untuk mewujudkan kota Sukabumi Renyah,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan