EKONOMI

Harga Daging Ayam Anjlok, Rp 25 ribu per kilogram

EKONOMI SUKABUMI — Harga daging ayam di pasar tradisional Kota Sukabumi anjlok dalam beberapa hari terakhir. Seperti halnya di Pasar Pelita Kota Sukabumi, harga daging ayam potong bisa mencapai kisaran Rp 25 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya harga tersebut mencapai Rp 35 ribu per kilogramnya.

Tentunya, penurunan harga daging ayam ini dikeluhkan para pedagang, salah satunya Encep (34). Menurut dia, penurunan harga ini mengalami beberapa tahapan, hingga akhirnya ajlok di harga Rp 25 per kilogram. “Kalau ada yang tawar Rp 24 ribu, juga saya kasih yang penting balik modal,” ujar Encep kepada wartawan, kemarin (28/6).

Namun, anjloknya harga daging ayam tersebut belum berdampak pada naiknya omzet penjualan. Bahkan, diakuinya, omzet penjualan mengalami penurunan hingga 50 persen dibandingkan sebelumnya. Biasanya ketika harga daging ayam turun maka tingkat pembelian meningkat namun kali ini tidak terjadi.

“Turunnya omzet menyebabkan stok daging ayam di pasaran melimpah,” aku dia. Menurut dia, hingga kini para pedagang belum mengatahui penyebab turunnya harga itu. Sebab, harga berasal dari distributor.

Di sisi lain, turunnya harga daging ayam di Sukabumi menguntungkan pemilik tempat makan. Bahkan jumlah pembeli diklaim naik hingga 15 persen. Salah satunya dialami oleh Sopian Sauri, pedagang ayam penyet di Sukabumi. Ia mengaku tidak menaikan harga bahkan menggratiskan 1 boks ketika pemesanan di atas 25 boks.

“Turunnya harga ayam membuat pembeli berdatangan, termasuk pesanan untuk acara-acara hajatan. Meskipun jumlah pembelian meningkat kita tetap mempertahankan harga Rp 19 ribu untuk satu nasi boks,” ujar Sopian.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Heri Sihombing menambahkan, saat ini harga daging ayam rata-rata mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Sebelumnya harga daging ayam mencapai kisaran Rp 35 ribu per kilogram.

Petugas, kata Heri, terus memantau pergerakan harga daging ayam di pasaran. Termasuk untuk memastikan pasokan daging ayam ke pasaran agar harga terkendali. (upi/t)

Tags

Tinggalkan Balasan