Kecamatan

2019 Rencanakan Pembangunan Lanjutan Gedung Islamic Center Cicurug, Penataan Trotoarisai, dan Penanganan Sampah

KECAMATAN CICURUG, KABUPATEN SUKABUMI

Pada 2019 Kecamatan Cicurug berencana akan mengoptimalisasi dan menata permukiman, peningkatan infrastruktur, dan penanganan masalah persampahan.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kecamatan Cicurug merupakan wilayah perbatasan antar dua kabupaten, yakni Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Karena itu, Kecamatan Cicurug adalah pintu gerbangnya Kabupaten Sukabumi. Disematkannya sebagai pintu gerbang perbatasan karena itu menurut Camat Cicurug, Wawan Godawan Saputra, S.IP perlu adanya penataan permukiman. Hal inilah yang mendorong pihaknya bahwa di 2019 merencanakan penataan permukiman, seperti trotoarisasi untuk mendukung kenyamanan, keindahan Kecamatan Cicurug.”Kemudian, penyediaan sarana umum dan penataan lingkugan,”kata camat, di ruang kerjanya, Jum’at (28/6/2019).

Masih di bidang infrastruktur, pada 2019 pihaknya berencana melakukan kelanjutan dari pembangunan Gedung Islamic Center Cicurug di Jalan Raya Bangbayang Kelurahan Cicurug. “Gedung Islamic Center (jika sudah terealiasi) diperuntukkan untuk pembinaan dan pemberdayaan ummat agar lebih meningkat,”katanya.
Di bidang infrastruktur juga mendorong peningkatan jalan kabupaten termasuk jalan lingkungan dan gang.

Begitupun rencana realisasi Tol Bocimi yang merupakan rencana pemerintah pusat yang saat ini menurutnya sudah masuk tahap dua. Pihaknya juga mendukung rencana pembangunan double track yang sudah pada tahapan penertiban tinggal, menurutnya, penetapan dan pembayaran.

Selain jalan, di bidang infrastruktur Kecamatan Cicurug juga mendukung pembagunan septitenk komunal di Desa Kutajaya yang menurutnya anggarannya juga dibantu dari P3K dan dana kelurahan. Pihaknya saat ini juga fokus untuk optimalisasi penanganan persampahan. Menurutnya penanganan persampahan di Kecamatan Cicurug, selain pemerintah, pemberdayaannya juga sudah sampai ke tingkat masyarakat.

Di mana untuk di masyarakat menurut camat sudah ada Forum Pemuda Peduli Lingkungan (Fordapil) di Desa Kelurahan Cicurug ada juga ZIS Al Huda di Desa Kutajaya. Optimalisasi dari penanganan persampahan itu, yakni pemberdayaan dan pengangkutan sampah hingga ke TPS yang masih gabung dengan Ciambar.

Adapun pemberdayaannya, yakni pengarahan dan sosialisasi hingga ke tingkat desa dan kelurahan yang juga dibantu dengan Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang lingkungan.

Optimaliasi penanganan persampahan di Cicurug, menurutnya, juga melibatkan peran serta ulama setempat yang mengajak masyarakat agar mencintai lingkugan terutama tidak membuang sampah sembarangan. Ini juga dibantu dari elemen masyarakat pada ZIS Istiqomah dan ZIS Koramil di Desa Purwasari.

Sementara itu, pihaknya juga senantiasa mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan pemerintah yang Relijius Mandiri. Di mana pada visi relijiusnya bahwa menurut camat Desa Nanggerangsudah ada ATM Beras yang menjadi sudah menjadi ikon untuk memotivasi desa-desa lain dalam bidang relijius.

Sedangkan untuk visi Mandiri bahwa Kecamatan Cicurug sudah memiliki Forum UKM yang rencananya akan ada pergantian pimpinan. Forum UKM juga melakukan pemberdayaan dan promosi produk UKM masyarakat, yang salah satu bentuknya menurutnya menyelenggarakan promo produk masyarakat melalui pameran baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. (*)

Wilayah Pengembangan Jasa Perdagangan, Industri dan Wisata Lokal

Kecamatan Cicurug merupakan bagian dari pintu gerbangnya Kabupaten Sukabumi untuk wilayah bagian utara. Kecamatan yang dipimpin oleh Camat Cicurug, Wawan Godawan Saputra, S.IP. Ia menyebutkan Kecamatan Cicurug memiliki 12 desa dengan satu kelurahan. Ke-12 tersebut di antaranya, Nanggerang, Pasawahan, Tenjoayu, Purwasari, Cisaat, Nyangkoek, Caringin, Bangbayang, Tenjolaya, Kutajaya, Benda, dan lain sebagainya. Sedangkan satu kelurahannya, Kelurahan Cicurug. Potensi yang ada di Kecamatan Cicurug hampir menyerupai perkotaan.

Di mana di sini terdapat potensi di sektor perdagangan dan jasa yang mana sepanjang jalur protokol Jalan Raya Sukabumi-Bogor terbangun ratusan pertokoan juga berdiri Pasar Cicurug dan terdapat sejumlah perkantoran perbankan.

Kecamatan Cicurug juga berpotensi sebagai wilayah industri di mana di sini berdiri industri mulai AMDK, makanan dan minuman juga garmen. Kecamatan Cicurug juga kaya akan ragam produk UKM masyarakat yang berkembang dan paling mencolok adalah produk UKM makanan minuman dan kerajinan rumah tangga.

Di sektor pariwisata, Kecamatan Cicurug juga memiliki sejumlah area wilsata, seperti Taman Cimalati, Taman Angsa, Waterland Cicurug, dan lain sebagainya. (dit)

Tags

Tinggalkan Balasan