Mahasiswa STISIP WM Studi ke DPR RI

FOTO : dok/ist SILATURAHMI: Suasana kunjungan ratusan mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi ke Sekretariat Jendral DPR RI.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri (WM) Sukabumi, melakukan kunjungan studi mahasiswa ke Jakarta salah satunya ke Sekretariat Jendral DPR RI, Selasa (25/6).

Ini dilakukan, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswanya dibidang ilmu pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Kepada Radar Sukabumi, Dosen Mata Kuliah Hukum Perundang-Undangan STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Hamdan Hamdillah mengatakan, kunjungan studi mahasiswa itu dilaksanakan ke berbagai tempat seperti Sekretariat Jendral DPR RI, Perpustakaan Nasional dan terakhir mengunjungi studio ANTV.

Kunjungan ini merupakan agenda wajib yang harus diikuti setiap mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi, khususnya mahasiswa semester kedua.

Di mana pada semester II ini, semua mahasiswanya dari berbagai fakultas, memiliki mata kuliah Hukum dan Perundangan-undangan.

“Apalagi kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi uji kompetensi mahasiswa pada Mata Kuliah Hukum dan Perundangan, sekaligus mewujudkan implementasi salah satu Tridarma Perguruan tinggi yakni pendidakan, penelitian dan pengabdian masyarakat,”ujar Dosen Mata Kuliah Hukum Perundang-Undangan STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Hamdan Hamdillah.

Dengan begitu, dijelaskan Hamdan, mahasiswanya tidak hanya mengetahui secara teori saja mengenai tugas, wewenang dan hak anggota DPR RI akan tetapi mahasiswa bisa menggali dan mengetahui secara langsung terhadap tupoksi dari anggota DPR RI tersebut.

Terakhir untuk mengimplementasikan Visi dan Misi STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi.

“Ini kegiatan rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan kunjungan wajibnya ke DPR RI, karena di dalamnya membahas mengenai tugas dan wewenang anggota DPR,” ulasnya.

Diantaranya, azaz-azas pembentukan peraturan perundang-undangan, jenis peraturan perundang-undangan dan lainnya.

Adapun kegiatan tambahanny, kita menyesuaikan dengan jadwal di lembaga lain, kegiatan tambahannya kita pernah melakukannnya ke Mahkamah Konstitusi ( MK), ke Lembaga Administrasi (LAN) dan lembaga lainnya. Termasuk kemarin kita melakukannya ke Perpustakaan Nasional,” jelasnya.

Dijelaskan Hamdan, kegiatan kunjungan studi mahasiswa ini diikuti 172 orang, 116 orang diantaranya merupakan mahasiswa, tiga orang dosen pembimbing, dan tiga orang staf STISIP Widiyapuri Mandiri.

Sementara dari 116 mahasiswa, sebanyak 83 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Admnistrasi Publik, 54 mahasiswa dari Prodi
Ilmu Pemerintahan (IP) dan 29 mahasiswa dari Prodi
Ilmu Komunikasi.

Saat berkunjung ke Gedung DPR, para mahasiswa STISIP disambut langsung oleh salah satu anggota DPR RI asal Sukabumi yaitu Dewi Asmara, yang merupakan anggota DPR RI dari komisi IX.

Saat berkunjung mahasiswa STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi terlihat begitu antusias, dan banyak yang melontarkan pertanyaannya kepada anggota DPR tersebut.

Tidak hanya sekadar berkunjung, para mahasiswa ini juga mendapat banyak arahan dan ilmu baru seperti, saat masuk ke gedung DPR RI mahasiswa bisa melihat-lihat dan mempelajari semua yang ada di museum tersebut mulai dari priodesasi UU, naskah proklamasi dan struktur kepemimpinan bangsa Indonesia dari masa ke masa.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga mempelajari sejarah dari gedung DPR RI, hingga makna dan tujuan dari semua yang ada di gedung tersebut seperti lambang garuda dan masih banyak lagi.

“Di sana mahasiswa juga ada kuliah umum, di mana anggota DPR RI yang langsung menjadi dosennya dengan materi yang dibahas

mengenai komisi komisi DPR, jenis jenis rapat, fungsi DPR RI seperti legislasi, anggaran dan pengawasan sampai priodesasi DPR RI dan proses pembuatan Undang-Undang,” terangnya.

Kuliah umum juga diberikan saat berkunjung ke Perpustakaan Nasional, dengan materi kuliah mengenai sejarah dan pengenalan perpuskaan nasional.

“Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berkeliling melihat semua koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan mulai dari lantai 1 sampai lantai 27, terutama buku kuno yakni cetakan tahun 1950-an

,” ucapnya.

Sebagai acara penutup, mahasiswa ini pun diberi kesempatan untuk bisa melihat langsung salah satu acara di ANTV secara live.

“Semoga setelah mengikuti kegiatan kunjungan ini, mahasiswa bisa lebih meningkatkan kompetensi keilmuannya khususnya di bidang mata kuliah hukum dan perundang-undangan, serta yang akhirnya bisa mengimplementasikannya dalam upaya memberikan kontribusibusi positif kepada pemerintah daerah khususnya baik jajaran legislatif maupun eksekutif di tingkat Kabupaten Sukabumi,” urainya.

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *