WISATA

Tips Nyaman Jalan Bareng Keluarga di Momen Liburan Kenaikan Kelas, Intip di Sini

Momen liburan kenaikan kelas adalah waktu terbaik untuk menikmati waktu bersama keluarga. Terlebih liburan kali ini cukup panjang, bisa dimanfaatkan untuk bepergian ke luar kota tanpa terburu-buru dengan jadwal masuk sekolah.

Setelah urusan dengan sekolah selesai, sekarang waktunya liburan bersama keluarga. Momen ini tidak hanya membuat anak-anak gembira, namun juga membuat hubungan orangtua dan anak jadi lebih dekat.

Tetapkan Batas Bujet Liburan

Merencanakan liburan dengan keluarga harus dipersiapkan sejak jauh hari. Terutama untuk urusan bujet alias anggaran dana. Agar liburan nyaman tanpa mengganggu tabungan dan keperluan lainnya, sebaiknya tetapkan batas bujet liburan sejak awal. Setelah menetapkan bujet, cek daftar harga tiket kereta api untuk pulang pergi seluruh keluarga.

Dengan menumpang kereta api, bujet transportasi bisa dipangkas cukup banyak. Bandingkan harga tiket kereta api untuk beberapa armada ke tujuan yang diinginkan. Pilih yang paling terjangkau agar sisa bujet bisa dipergunakan untuk penginapan dan makanan yang juga memakan cukup banyak biaya.

Tentukan Tujuan

Setelah menentukan bujet, tentukan tujuan yang diinginkan. Pilih kota yang ramah dengan anak dan tak terlalu sulit akses transportasi untuk menuju ke sana dan selama liburan di kota tersebut. Kota tujuan memberikan pengaruh banyak pada anggaran liburan.

Selain menentukan harga tiket kereta api, destinasi wisata yang ada di kota tujuan juga turut memengaruhi anggaran. Karena itu, sebaiknya segera tentukan kota tujuan setelah menetapkan bujet, dan pilih yang paling sesuai dengan anggaran liburan kali ini.

Beli Tiket Kereta Api Sejak Jauh Hari

Sudah menentukan tujuan dan cek daftar harga tiket kereta api, sekarang waktunya memesan. Untuk perjalanan dengan kereta, sebaiknya tiket dibeli sejak jauh hari. Loket pembelian tiket semua jurusan sudah dibuka sejak H-90 untuk tujuan jarak jauh, dan dibuka H-7 untuk tujuan jarak dekat.

Jika perjalanan kamu memerlukan pergantian tiket dengan kereta jarak dekat, pastikan sudah cek jadwalnya sejak jauh hari.

Cara cek daftar harga tiket kereta api pun mudah. Kamu bisa melakukannya secara online di aplikasi seperti Traveloka. Semua tujuan bisa dilihat di sini, mulai dari kelas ekonomi hingga kereta sleeper yang merupakan armada kereta dengan layanan paling eksklusif sampai saat ini.

Buat Rencana perjalanan

Persiapan penting lain yang harus dilakukan adalah membuat rencana perjalanan atau yang populer disebut itinerary. Tidak harus sangat detail, cukup perkiraan berapa hari akan berada di sebuah kota dan ingin liburan ke mana saja.

Tentukan destinasi wisata yang diinginkan, lalu buatlah daftar rencana perjalanan sekaligus perkiraan waktu tempuh dari satu tujuan ke tujuan lainnya. Cek juga apakah di kota tujuan kerap terjadi macet atau tidak.

Hal ini penting untuk menentukan apakah dalam satu hari bisa ke beberapa tujuan. Ataukah hanya efektif jika ke satu tujuan saja di hari yang sama.

Tak sulit merencanakan liburan bersama keluarga. Terlebih cek daftar harga tiket kereta api sekarang bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja.

Yang perlu diperhatikan adalah jarak dan waktu tempuh menuju kota tujuan. Selain itu destinasi yang diinginkan selama liburan, apakah ramah anak atau tidak.

Soal rencana perjalanan, bisa diubah di tengah perjalanan jika diinginkan. Tidak perlu menjadikan itinerary sebagai kewajiban. Semuanya bisa berubah, sesuaikan saja dengan kondisi di kota tujuan.

Selamat liburan!

Tinggalkan Balasan