KOTA SUKABUMI

Fahmi Dorong Pembentukan Puskesos

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com – Pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) mulai dibentuk disetiap kelurahan di Kota Sukabumi.

Keberadaan puskesos ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menerangkan, Puskesos merupakan sistem rujukan layanan terpadu dalam pelayanan kepada warga.

Diharapkan dengan keberadaan Puskesos ini dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

“Salah satu yang melatar belakangi kegiatan ini adalah peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi masyarakat, di Kota Sukabumi Puskesos yang ada baru ada dua yakni Puskesos K61 Karangtengah dan Puskesos K61 Karamat yang proses pembentukanya langsung dari Kementerian Sosial. Nantinya dari 33 kelurahan diharapkan dapat terbentuk Puskesos,” bebernya.

Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh Desa atau Kelurahan yang memudahkan warga miskin dan rentan miskin di klurahan untuk menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, pemerintah Desa atau Kelurahan dan Swasta.

“Dimana pemerintah kelurahan diharapkan menyediakan kontribusi aturan dan anggaran untuk pelaksanaan puskesos tersebut, ” ujarnya.

Kelompok sasaran Puskesos, ungkap Fahmi, adalah warga miskin dan rentan miskin yang terdapat atau tidak terdapat dalam basis data terpadu yang dihasilkan melalui pemutakhiran basis data terpadu 2015, atau yang ada dalam basis data Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (Siskadasatu) yang tinggal di kelurahan setempat.

“Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ada di kelurahan setempat, warga kelurahan setempat lainnya yang memerlukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,” terangnya.

Fahmi meyakini dengan kegiatan sosialisasi pembentukan puskesos di tiap-tiap kelurahan akan berdampak positif terhadap pencapaian secara bertahap Visi dan Misi Wali Kota dan Wali Kota Sukabumi dan memberikan manfaat untuk kepentingan pembangunan.

“Pembangunan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, namun membutuhkan peran dan kontribusi seluruh elemen masyarakat.Termasuk Puskesos yang memberikan kemudahan pelayanan langsung terhadap warga miskin dan rentan untuk mendapat pelayanan perlindungan sosial atau bansos dan Permasalahan PMKS,” tukasnya.

(upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan