Siswa MTs Cisaruagirang Ciptakan Robot

KEREN: Kepala MTs Cisaruagirang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi Jajang Rahmat (kanan) foto bersama Muhammad Iqbal Maulana yang menunjukkan hasil rancangan robot kepiting buatannya.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cisaruagirang, Desa Sukajaya, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi bernama Muhammad Iqbal Maulana, berhasil menciptakan robot.

Meski hasilnya belum sempurna, tetapi kemampuannya merakit robot tersebut patut diacungi jempol. Terlebih siswa tersebut belajar secara otodidak.

Bacaan Lainnya

Muhammad Iqbal Maulana tercatat sebagai siswa kelas VIII MTs Cisaruagirang, Kabupaten Sukabumi.

Ia merupakan salah satu siswa berprestasi di bidang akademik.

Sederet prestasi membanggakan pernah ditorehkan oleh Iqbal (Sapaan akrab Muhammad Iqbal Maulana).

Selain sering menjadi juara kelas, Iqbal juga sudah khatam Qur’an 10 juz.

Tidak hanya berprestasi di bidang agama dan akademik, saat ini Iqbal menjadi andalan sekolah lantaran kemampuannya merakit robot, dan kerjakerasnya itu patut diacungi jempol dan menjadi contoh yang baik.

Kepala MTs Cisaruagirang Jajang Rahmat mengungkapkan kekagumannya, terhadap salah satu anak didiknya itu.

Selain dikenal sebagai anak pintar, kepribadian Iqbal pun sangat baik. Bahkan pihaknya sangat mendukung bakat yang dimiliki oleh siswanya itu.

“Awalnya saya tahu bahwa Iqbal ini bisa bikin robot itu dari orang tuanya, kalau anaknya ini suka ngutak-ngatik barang elektronik sama bikin robot katanya. Pas saya tanya dan tes, ternyata benar bisa. Kalau dari sekolah sangat mendukung ya, dengan memberikan modal untuk bikin robot selama sekolah bisa,” terang Kepala MTs Cisaruagirang Jajang Rahmat kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/6).

Ia pun berharap jika siswanya ini bisa mengikuti kontes robot baik ditingkatan lokal, syukur-syukur siswanya bisa ikut kontes robot di kejuaraan dunia.

“Sudah saya laporkan ke Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi dan mereka bangga, mungkin nanti kalau ada info kontes robot insya Allah nanti sekolah kami akan diberikan kabar,” ucapnya.

Masih menurut Jajang, selama menempuh pendidikan di MTs Cisaruagirang, Iqbal memang banyak menorehkan prestasi.

Seperti di tahun ini ia berhasil meraih juara 1 MHQ di MAN 2 Kota Sukabumi, dan di SMAN 3 Kota Sukabumi.

Sementara itu, Dikatakan Muhammad Iqbal Maulana, ia mulai tertarik dengan dunia robotik saat masuk ke MTs. Saat itu dirinya dikenalkan oleh salah satu gurunya yaitu Deni Purnadi, salah satu guru matematika di MTs Cisaruagirang.

“Awalnya dari kelas 4 SD itu udah tertarik sama barang-barang elektronik gitu, terus pas masuk MTs itu ada masalah, curhatlah sama pak Deni. Terus sama beliau dikenalin robotik, jadi suka dari situ. Kalau awalnya itu suka ngutak-ngatik komputer, terus lama-lama penasaran juga sama robot akhirnya jadi tertarik juga,” ucap siswa yang bercita-cita ingin menjadi Kyai ini.

Selain belajar dari gurunya, Iqbal pun belajar bikin robot secara otodidak yaitu dari youtube.

Dan kini Iqbal sudah menghasilkan dua robot karyanya, yaitu robot Computer Numerical Control (CNC) atau komputer kontrol numerik. Sebuah robot yang diprogram untuk menggambar yang bisa diaplikasikan melalui kompter. Sedangkan robot kedua yaitu robot kepiting.

“Kalau robot kepiting ini hanya robot biasa seperti untuk mainan,” terangnya.

Diakui Iqbal, saat ini kedua robot buatannya masih dalam tahap penyempurnaan bentuk.

Menurutnya kedua robot buatannya itu hanya bermodalkan Rp300 ribu yang diberikan oleh sekolah.

“Alhamdulilah modalnya dibantu sama sekolah, ” ucapnya.

Putra ketiga dari empat bersaudara pasangan Asep Sulaeman dan Cucu Syamsiah ini berencana selanjutnya akan membuat proyek drone.

“Insya Allah mau coba belajar bikin drone, kemarin udah belajar sama cari-cari info. Mudah-mudahan ada rezekinya,” pungkasnya.

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *