Pria Ini Pecahkan Kaca Masjid, Endingnya Babak Belur deh

Dorlan, pelaku pemecahan kaca masjid

ASAHAN, RADARSUKABUMI.com – Aksi meresahkan yang dilakukan Dorlan Hutagalung (40) warga Kota Sibolga, Sumatera Utara, akhirnya terhenti di tangan massa yang menghajarnya hingga babak belur.

Minggu (16/6/2019) sekira pukul 01.00 WIB, Dorlan dipukuli akibat telah merusak kaca jendela Masjid Al Nasrun Dusun IV, Desa Air Teluk Kiri, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan.

Bacaan Lainnya

Karena perbuatannya, Dorlan diikat dan dihakimi massa di tiang parkir sehingga ia bonyok hingga berdarah-darah.

Menurut H Rusli selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI )Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asahan yang juga merupakan saksi bahwa ia menduga pelaku mengalami gangguan kejiwaan.

“Sebelumnya sempat datang ke Masjid, tetapi diusir dan dia pergi. Tetapi setelah itu, dia datang lagi ke masjid dan memecahkan kaca jendela dengan cara memukul menggunakan kayu broti,” jelasnya seperti dilansir Metro Asahan (Jawa Pos Group).

Senada disampaikan saksi lainnya. Tukiman, selaku Kepala Dusun IV dan Yahya Sinaga (pedagang) menduga bahwa pelaku memiliki gangguan kejiwaan.

Selain itu, para saksi juga mengatakan kalau pelaku telah meresahkan masyarakat, karena sudah berulang kali membuat ulah di sekitar desa tersebut.

“Sewaktu hari Jumat tanggal (14/6) di SD Impres Desa Air Teluk Kiri, pelaku tanpa sebab mengejar-ngejar anak-anak SD. Kemudian pelaku pergi dan memecahkan kaca rumah orang di Pasar Baru Desa Air Teluk Kiri,” bebernya.

Menindaklanjuti hal itu, saat kejadian paska pengrusakan masjid yang dilakukan pelaku, personel Polsek Simpang Empat Polres Asahan mendapat informasi an turun ke lokasi.

Saat tiba di masjid, petugas langsung cek Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melihat kaca masjid sudah pecah. Selain itu, lampu parkir juga pecah.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Simpang Empat, AKP Raymond GM Hutagalung. Ia mengatakan, pihaknya telah mengamankan seorang pria yang diduga mengalami gangguan kejiwaan yang juga telah merusak kaca jendela masjid.

“Di saat personel kita turun ke TKP, kaca jendela sudah berhamburan di lantai. Sementara pelaku sudah diamankan masyarakat dalam keadaan terikat. Dia diikat di tiang parkir sepedamotor dengan wajah berdarah akibat pukulan dari masyarakat,” ungkapnya.

Pelaku beserta barang bukti sudah diamankan ke Mapolsek Simpang Empat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(bay/des/ma/JPG/nin/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *