EKONOMI

Pengguna Apple Lawas Gigit Jari

JAKARTA – Apakah kamu masih menggunakan perangkat Apple versi lawas? Kalau iya, kamu harus bersiap-siap mendapat kabar kurang sedap.

Pasalnya, Apple dikabarkan menutup akses toko online mereka bagi pengguna perangkat lama.

Sebagaimana dikutip dari AppleInsider, Senin (17/6), penutupan akses toko online Apple dilakukan melalui peramban web safari dan perangkat dengan sistem operasi versi lama.

Informasi ini awalnya ditemukan oleh Mac Otakara yang melaporkan bahwa pengguna harus menjalankan OS X 10.10.5 Yosemite atau yang lebih baru, sedangkan Safari versi 10.1.2 atau lebih baru yang hanya bisa didapat di OS paling anyar.

Apple telah mengubah persyaratan untuk mengakses toko online-nya, dengan membuatnya agar pengguna dengan versi yang lebih lama dari perangkat lunak macOS dan Safari tidak dapat lagi mengaksesnya.

Pengguna akan disambut dengan pesan kesalahan yang memberi tahu bahwa mereka menggunakan ‘versi browser yang tidak didukung’.

Jika ada yang bertanya-tanya apakah kamu dapat mem-bypass ini dengan menggunakan peramban pihak ketiga? Sepertinya kamu tidak akan bisa.

Hal ini dikarenakan versi Chrome dan Firefox yang sesuai dengan Yosemite sudah usang. Artinya pengguna masih perlu meningkatkan ke yang lebih baru macOS build, seperti 10.14 Mojave.

Tidak jelas mengapa Apple melakukan perubahan ini, tetapi AppleInsider berspekulasi bahwa bisa jadi karena perusahaan ingin membuat pengalaman berbelanja seaman mungkin.

Karena memiliki perangkat lunak terbaru berarti memiliki fitur keamanan dan privasi yang paling mutakhir.

Apple berharap untuk menghindari kecelakaan, setidaknya ketika berbelanja melalui situs webnya.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, beberapa waktu lalu melalui gelaran Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2019, raksasa asal Cupertino, California Amerika serikat (AS) itu meluncurkan sistem operasi atau OS terbaru.

Adapun yang diluncurkan Apple adalah OS untuk smartphone yakni iOS 13 dan iPad OS khusus untuk pengguna iPad, tablet dari Apple.

Kedua OS tersebut menonjolkan beragam pembaruan, salah satunya adalah fitur privasi dan keamanan yang ditingkatkan.

Untuk bisa merasakan iOS 13 terbaru pun terbatas.

Perangkat di bawah iPhone 6 harus gigit jari lantaran tidak bisa merasakan OS terbaru besutan Apple itu.

Berikut model iPhone yang bisa merasakan pembaruan iOS 13: iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7,
iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPod touch gen 7.

Sementara untuk iPad OS, iPad yang bisa merasakan pembaruan iPadOS meliputi: iPad Pro 12,9 inci, iPad Pro 11 inci, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad (generasi 6), iPad (generasi 5), iPad mini (generasi 5), iPad mini 4, iPad Air (generasi 3), dan iPad Air 2.

(ian)

Tags

Tinggalkan Balasan