DPKUKMSUKABUMI

Pasar Terminal Cibadak Dibangun Tahun Ini

CIBADAK — Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi berencana membangun pertokoan di Terminal Cibadak, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, pada tahun ini. Sosialisasi pembangunannya pun sudah mulai dilakukan di Kecamatan Cibadak, belum lama ini.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, peremajaan sarana perdagangan tersebut rencananya akan direalisasilakan pada Agustus mendatang. Adapun sumber anggaran yang akan digunakan ialah dari pihak swasta yang berinvestasi dengan nilai anggaran Rp40 miliar. Pihak swasta itu ialah PT Bangun Jaya Allia (BJA).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Distribusi Perdagangan DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Dani Tarsoni mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berupaya mensosialisasikan kepada para pedagang dan warga sekitar Terminal Cibadak.

“Alhamdulillah para pedagang dan warga sekitar menyetujui bahkan mensuport adanya pembangunan ini,” kata Dani kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Lanjut Dani, sosialisasi yang dilakukan kepada warga, pedagang dan depelover menghasilkan sebuah kesepakatan dan akan dituangkan dalam berita acara. “Warga sudah menerima kesepakatan itu dan saat ini tinggal menunggu pelaksanaan pembangunannya saja,” ujarnya.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Distribusi Perdagangan DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Dani Tarsoni saat memberikan penjelasan.

Soal harga, para pedagang hanya perlu mengocek saku mulai Rp 8 juta sampai 14 juta permeter di luar pajak untuk mendapatkan toko itu. “Ya sesuai yang sudah disepakati. Warga meminta agar pihak pengembang membuat drainase yang memadai untuk mengantisipasi banjir jika musim hujan tiba,” tandasnya.

Menurutnya, pembangunan pertokoan di Terminal Cibadak ini selain salah satu upaya meminimalisir kemacetan juga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. “Dengan keberadaan pertokoan ini, tentunya para PKL bisa berjualan di tempat yang sudah disediakan. Dengan begitu, tentunya akan bisa meminimalisir kemacetan di Cibadak,” paparnya.

Dani mengaku, sejauh ini pihaknya tidak menemukan kendala yang dapat menghambat berjalannya proses pembangunan. “Saya harap, pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan cepat dan lancar sehingga para pedagang bisa segera memanfaatkannya,” imbuhnya.

Sejumlah pedagang Pasar Terminal Cibadak saat mengikuti sosialisasi pembangunan pasar.

Sementara itu, Ketua Forum Pedagang Terminal Cibadak, Duden Mauladi menuturkan, warga menyambut baik dan mendukung adanya rencana pembangunan pertokoan tersebut. Lantaran, selain dapat mengurai kemacetan tentunya akan menciptakan lingkungan yang bersih sehingga Cibadak bisa lebih baik ke depannya.

“Intinya kami sangat mendukung akan rencana pembangunan pertokoaan di Terminal Cibadak ini agar cibadak lebih baik. Cibadak ini kan sering terjadi kemacetan, Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan pertokoan ini bisa terurai.

Selain itu, kawasan dan pertokoan yang ada saat ini sudah kumuh dan tidak layak. Kami harap, pembangunan bisa segera terimplementasikan,” pungkasnya. (bam/adv)

Tags

Tinggalkan Balasan