14 Desain Masjid Unik, Karya Ridwan Kamil

14 Desain Masjid Unik, Karya Ridwan Kamil

JAKARTA – Belasan masjid berarsitektur megah dan unik di Indonesia tak lepas dari sentuhan tangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Beberapa karya mantan arsitek berbagai firma di Amerika Serikat ini pun membuat publik takjub hingga mendapat apresiasi dari Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada tiga masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil dan Urbane Indonesia masuk dalam daftar nominasi atau nominator masjid berasitektur terbaik di Arab Saudi.

Ketiga masjid itu yakni Masjid Al-Safar Purbaleunyi, Masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan dan Masjid Raya Sumatera Barat.

Ketiga masjid ini masuk dalam daftar nominasi Abdullatif Al Fozan Award 2019 di Arab Saudi.

Berikut ini 14 masjid rancangan Ridwan Kamil yang bikin takjub:

1. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar Ridwan Kamil

Masjid Al Safar dibangun oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk di rest area ruas Jalan Tol Purbaleunyi KM 88 B arah Jakarta.

Fasilitas ibadah ini menjadi yang terbesar se-Indonesia yang dibangun di rest area. Dengan luas area mencapai 6.000 meter persegi, Masjid Al Safar berkapasitas hingga 1.200 jemaah.

Masjid rancangan Ridwan Kamil ini menjadi perbincangan ramai saat ini. Segelintir orang menyebut masjid Al Safar memiliki simbol illuminati dan mata satu atau simbol Dajjal. Namun, tudingan itu dibantah keras oleh Ridwan Kamil.

2. Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah Ridwan Kami

Masjid 99 Kubah Makassar yang merupakan ikon baru di Sulawesi Selatan tak lepas dari sentuhan tangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Masjid yang dibangun di kawasan Centre Point of Indonesi (CoI) diarsiteki Ridwan Kamil. Masjid itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 176 miliar akan sedgera difungsikan.

Masjid tersebut memiliki karakteristik unik dengan bangunan kubah sebanyak 99. Luas bangunannya 72 X 45 meter dan dapat menampung 15.075 jamaah.

3. Masjid Merapi

Masjid Merapi Ridwan Kamil

Masjid Merapi juga diarsiteki Ridwan Kamil. Masjid yang berada di Dusun Kopeng Desa Kepuhardjo, tepatnya di lereng selatan Merapi ini merupakan salah satu proyek corporate social responsibility (CSR) Baitul Maal Muamalat.

Masjid ini dibangun dari susunan batako yang ternyata salah satu bahannya merupakan abu letusan Gunung Merapi yang menyelimuti desa.

Lewat karya ini Ridwan Kamil berpesan jika musibah bisa menjadi berkah dan jangan pernah berhenti berimajinasi dengan sesuatu yang ada.

4. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi

Masjid Al Azhar Ridwan Kamil

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi tak lepas dari sentuhan tangan Ridwan Kamil. Masjid tanpa kubah ini punya gaya arsitektur sederhana tapi terkesan mewah.

Salah satu penanda bangunan sebuah masjid yaitu menara tinggi dengan kubah berbentuk seperti bawang.

Masjid ini didesain tanpa jendela namun terdapat banyak lubang ventilasi dan di masing-masing bloknya terdapat tulisan “Laa Ilaha Illallah”.

Meskipun tidak terlalu besar dengan luas 1320 meter persegi, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 1.500 orang karena didesain bertingkat.

5. Masjid Al-Irsyad Padalarang

Masjid Al Irsyad Bandung Ridwan Kamil

Masjid Al-Irsyad juga didesain oleh Ridwan Kamil. Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid Al-Irsyad diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam.

Dengan luas 1871 m2, masjid ini mampu menampung 1.500 orang jamaah. Masjid dengan arsitektur yang memukau ini banyak meraih penghargaan internasional. Karena didesain mirip bangunan Ka’bah, masjid ini tidak memiliki kubah.

Dinding masjid terbuat dari bata yang disusun dengan pola membentuk lubang ventilasi diantara bata solid dan jika dilihat dari kejauhan lubang tersebut membentuk kalimat syahadat.

Desain interiornya pun cukup unik dengan area depan mimbar yang terbuka dan terdapat kolam dihiasi bola besi dengan lafadz “Allah” menambah suasana ketenangan dalam beribadah di dalam masjid.

6. Masjid Apung Bogor

Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mendesain Masjid Apung Bogor atas permintaan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Masjid terapung ini akan dibangun di atas Setu Gede, Bogor Barat. Desain masjid ini terilhami dari bunga teratai.

Meski desainnya disumbangkan oleh Ridwan Kamil, Pemkot Bogor juga berharap agar anggaran pembangunannya bersumber dari dana hibah APBD Provinsi Jawa Barat.

7. Masjid Terapung Gedebage Bandung

Masjid Terapung Gedebage Bandung

Masjid terapung Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat merupakan desain Ridwan Kamil. Masjid yang diberi nama Masjid Al Jabbar tersebut dibangun mengapung di atas danau pengendali banjir.

Masjid yang dikelilingi danau buatan tersebut merupakan gagasan Ahmad Heryawan saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Ahmad Heryawan kemudian meminta bantuan Ridwan Kamil untuk membuat rancangan masjid terapung di lahan seluas 26 hektar tersebut.

8. Masjid Raya Sumbar

Masjid Raya Sumbar Ridwan Kamil

Pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang ternyata tidak lepas dari peran Ridwan Kamil.

Masjid itu diarsiteki oleh Urbane Indonesia, kantor konsultan arsitektur asal Bandung yang didirikan oleh Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan bentuk masjid ini terinspirasi dari kain yang terbentang pada kisah saat empat suku Quraisy Mekah bertikai dalam menentukan orang yang berhak meletakkan batu Hajar Aswad di pojok Kabah kembali, setelah Kabah selesai direnovasi.

9. Masjid Raya Asmaul Husna Serpong

Masjid Asmaul Husna Serpong Ridwan Kamil

Masjid Raya Asmaul Husna merupakan satu dari beberapa masjid unik yang dirancang oleh Ridwan Kamil.

Masjid yang berlokasi di belakang Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan ini diresmikan pada 6 Desember 2013.

Masjid rancangan Ridwan Kami itu memiliki bentuk yang unik. Di tembok luar terdapat 99 tulisan asmaul husna yang didominasi warna hijau.

Masjid ini berukuran sekiranya 3.000 meter persegi dan memiliki tiga lantai. Lantai dasar difungsikan untuk toilet dan tempat mengambil wudhu, sedangkan lantai dua dan tiga ruangan untuk salat.

10. Masjid Raya di Sevilla Spanyol

Masjid rancangan Ridwan Kami di Sevilla Spanyol

Bukan cuma di Indonesia, Ridwan Kamil juga mendesain beberapa masjid di luar negeri. Salah satunya masjid di Sevilla Spanyol.

“Saya diminta menjadi arsitek Masjid Raya di Sevilla, Spanyol. Ini alternatif desainnya,” kata Ridwan Kamil melalui akun Twitternya beberapa waktu lalu.

“Doakan lancar pembangunannya yang masih butuh bantuan dana dari semua umat Islam sedunia. Dana terkumpul baru 1%. Kontak @mezquitasevilla untuk detailnya. Bantu mereka ya teman-teman muslim,” tandas Ridwan Kamil.

11. Masjid Gaza Palestina

Masjid rancangan Ridwan Kami di Gaza Palestina

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga ikut menyumbangkan desain pembangunan masjid di Gaza, Palestina.

Masjid itu memiliki lima kubah utama yang mengartikan sebagai lambang rukun islam. Kemudian di bagian dinding terdapat kaligrafi yang bertuliskan Asmaul Husna.

Desain visual pembangunan itu dia unggah melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil. Desain masjid itu sebagai sumbangan Ridwan Kamil untuk warga Gaza yang kini sedang diterpa berbagai musibah.

12. Masjid Jami’e Darussalam Jakarta

Masjid Jami'e Jakarta

Masjid Jami’e Darussalam langsung mencuri perhatian karena desainnya yang terbilang tak biasa. Masjid yang biasanya berkubah bulat, justru berbentuk segitiga. Tak heran oleh warga sekitar, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Segitiga.

Masjid segitiga ini rupanya didesain oleh Ridwan Kamil. Letaknya di tengah area padat penduduk di Jalan Kotabumi Ujung, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Meski desainnya cukup unik, masjid ini juga pernah menjadi kontroversi. Pasalnya, desain masjid yang berbentuk segitiga dinilai lebih mirip dengan gereja dibanding masjid.

13. Islamic Centre Banjaran

Islamic Centre Banjaran Ridwan Kamil

Islamic Centre di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, dirancang khusus oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kawasan ini akan menjadi pusat dakwah dan keislaman warga Kabupaten Bandung, khususnya Banjaran dan sekitarnya.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan pembangunan Islamic Centre ini bukan khusus dari negara tapi inisiatif warga yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan Islamic Centre.

“Itu mah bukan dana negara tapi tanah pribadi inisiatif pribadi, kegiatannya Islamic Center. Ini mah level kecamatan. Yang desain saya,” kata Emil beberapa waktu lalu.

14. Masjid Polda Jabar

Masjid Polda Jabar

Polda Jabar membangun masjid baru di kawasan Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta. Masjid tersebut didesain khusus oleh Ridwan Kamil atas permintaan M Iriawan saat masih menjabat Kapolda Jabar tahun 2015.

Ridwan Kamil mengatakan, sebetulnya dia sudah tidak menerima permintaan mendesain suatu bangunan. Namun ada pesan dari almarhum ayahnya yang membuat dirinya semangat untuk mendesain masjid.

“Saya dapat amanat dari almarhum ayah saya, kalau ada yang meminta dibuatkan masjid, tidak boleh menolak,” ujar Emil pada tahun 2015 lalu.

(one/pojoksatu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *