BEKASI

PPDB 2019 Siapkan Jalur Hafiz Quran

RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan menyiapkan jalur khusus bagi penghafal Alquran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP.

Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, jalur khusus tersebut bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi dalam menguji kemampuan peserta didik. Peserta diharapkan menghafal minimal 10 juz.

“Kita sudah koordinasi dengan Kantor Kemenag Kota Bekasi untuk membantu menyeleksi atau menguji calon peserta didik baru di jalur hafiz Quran ini,” ucapnya saat dikonfirnasi Rabu (12/6/2019).

Dirinya berharap khusus hafiz Quran ini nantinya bisa dijadikan ajang oleh pemerintah daerah dalam mencari bibit baru dalam pagelaran musabaqah tilawatil Quran (MTQ) yang rutin diadakan setiap tahun.

“Jadi mereka dibebaskan mendaftar melalui jalur prestasi yang dialokasikan sebanyak enam persen dari total jumlah siswa di tiap-tiap sekolah. Dan alur prestasi ini terdiri atas prestasi akademik dan non-akademik. Untuk prestasi akademik mempertimbangkan nilai Ujian Nasional. Sementara prestasi non-akademik mengacu pada prestasi lain semisal olahraga dan seni,” tutupnya.

(dyt/pojokbekasi/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan