Unsur SAR BPBD Dibekali Vertical Rescue

DILATIH: Relawan BPBD, PMI, Tagana Dinas Sosial Kota Sukabumi dan unsur SAR saat melakukan pelatihan vertical rescue.

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memberikan pelatihan vertical rescue kepada relawan dan unsur search and rescue (SAR).

Pembekalan kemampuan vertical rescue diberikan, untuk penanganan bencana pada gedung bertingkat.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan menjelaskan, pelatihan tersebut diberikan agar para relawan dan unsur SAR di Kota Sukabumi memiliki kemampuan dan keterampilan penanganan bencana pada gedung yang bertingkat.

“Saat ini kan sudah mulai banyak gedung bertingkat di Kota Sukabumi, mulai dari perhotelan, pertokoan ataupun perkantoran di Kota Sukabumi.

Sedangkan pada gedung bertingkat ini saat terjadi bencana gempa bumi ataupun kebakaran diperlukan memiliki kemampuan vertical rescue,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (11/6).

Adapun unsur yang dibekali kemampuan vertical rescue ini, mulai dari relawan BPBD Kota Sukabumi, PMI Kota Sukabumi hingga Tagana Dinas Sosial Kota Sukabumi.

Diharapkan, pasca mengkuti pelatihan ini para relawan dan unsur SAR di Kota Sukabumi dapat memiliki kemampuan vertical rescue.

“Tentunya harapan kami, setelah pelatihan ini para relawan dan unsur SAR lainnya bisa melakukan penanganan kebencanaan pada gedung yang bertingkat,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, kedepan BPBD Kota Sukabumi bakal mengumpulkan para pemilik gedung bertingkat tersebut untuk diberikan pemahaman tentang penanggulangan dan penanganan bencana di Kota Sukabumi.

Sehingga saat terjadi becana gempa bumi dan kebakaran bisa melakukan pencegahan dan penanganan dini.

“Bukan hanya para usnur relawan dan SAR saja yang bakal diberikan kemampuan, kami pun bakal mengumpulkan para pemilik gedung, karena selain para karywannya harus memahami pencegahan dini juga harus dilengkapi dengan sarana yang mendukung penanganan bencana,” pungkasnya.

(upi/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *