Jalur Puncak-Cianjur Masih Mengular

Paska libir panjang jalur Puncak-Cianjur masih mengalami kepadatan kendaraan karena adanya sejumlah kegiatan di kawasan wisata daerah tersebut

CIANJUR-– Memasuki hari kelima setelah Lebaran, volume kendaran di Jalur Puncak-Cianjur, kembali meningkat. Diduga, kemacetan terjadi akibat banyaknya kendaraan pendatang yang hendak bersilaturahmi dan menggelar halal bihalal di tempat wisata yang ada di wilayah tersebut.

Pantauan di lapangan, antrian kendaraan dengan laju tersendat terlihat di sejumlah titik menuju arah Bogor, mulai memanjang yang sebagian besar keluar dari jalur wisata, di antaranya Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

Bacaan Lainnya

Antrian itu tidak menyebabkan kemacetan karena laju kendaraan tidak sampai terhenti seperti beberapa sebelumnya terjadi macet total hingga 12 jam kendaraan tidak bergerak. “Untuk hari ini, volume kendaraan cukup ramai dengan laju tersendat menuju Bogor yang tidak menyebabkan macet panjang. Sejumlah rekayasa arus sempat dilakukan untuk mengantisipasi antrian tambah panjang,” ujar Asep, petugas Pos Pam II Cikanyere, pada wartawan, kemarin (10/6).

Ia menjelaskan pada pagi arus kendaraan dari Bogor menuju tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, meningkat sehingga berimbas pada sore hari yang menyebabkan volume kendaraan menuju Bogor meningkat.

Sedangkan arus balik yang melintas di jalur tersebut, ungkap dia, hingga sore menjelang masih terlihat dan didominasi kendaraan roda empat menuju arah Bogor. “Untuk pemudik jarak dekat dengan sepeda motor menuju Cianjur, masih terlihat, namun jumlahnya tidak banyak. Termasuk arus balik antara pemudik bersepeda motor dan roda empat masih meriah,” terangnya.

Sementara masih tingginya angka kunjungan ke tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, dibenarkan Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari. Tercatat hingga sore jumlah pengujung mencapai 7.285 orang.

“Sampai hari ini, jumlah pengunjung yang datang berombongan masih tinggi. Sebagian besar keluarga besar dan perusahaan yang menggelar halal bihalal di Kebun Raya Cibodas,” kata Dwi.

(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *