Bencana Alam KabSUKABUMI

Hari Ini, Sudah 20 Orang “Digulung” Pantai Sukabumi Akibat Bandel

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sebanyak 20 orang wisatawan menjadi korban tenggelam pantai selatan di Sukabumi, Jawa Barat. Data dari Balawisata Kabupaten Sukabumi menyebutkan dari tanggal 6 hingga 10 Juni 2019 kemarin tercatat 17 orang wisatawan tenggelam di perairan laut Sukabumi.

Sedangkan hari ini, Selasa (11/6/2019) kembali terjadi kecelakaan laut (lakalaut) yang menimpa tiga orang wisatawan. Artinya, sudah ada 20 orang wisatawan yang menjadi korban pantai Sukabumi selama Lebaran 2019 ini.

“Ya itu dikarenakan wisatawannya membandel, tidak mengindahkan imbauan dan peringatan dari petugas di lapangan,” kata Kepala Operasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepuloh kepada Radarsukabumi.com, Selasa (11/6/2019).

Asep Edom menegaskan, pihaknya terus menerus memberikan imbauan dan peringatan kepada para wisatawan atau pelancong yang mengunjungi kawasan Pantai Palabuhanratu dan sekitarnya.

“Tapi jumlah personil kami di lapangan terbatas, sedangkan wisatawan jumlahnya membludak. Walaupun walaupun ada tim gabungan di lapangan tapi kurang maksimal,” beber Asep.

Tindakan preventif pencegahan seperti memberikan imbauan, ujar Asep, terus menerus dilakukan oleh pihaknya agar tidak terjadi lagi lakalaut. Namun lakalaut tampaknya tak bisa dielakkan lantaran faktor kekurang pahaman wisatawan terhadap rambu dan membandel.

“Karena wisatawan lokal kurang paham bahwa ini daerah bahaya walaupun rambu sudah kami pasang. Imbauan dari pengeras suara bahkan langsung kami hampiri juga sering dilakukan. Tapi itu resiko di lapangan, makanya anggota kami tetap sigap dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore,” pungkasnya.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan