Darah Prajurit 310/KK Disedot

AKSI SOSIAL: Anggota Yonif 310 KK saat mendonorkan darahnya melalui PMI Kabupaten Sukabumi, di Aula Yonif 310/KK, Desa/Kecamatan Cikembar, kemarin (10/6).

CIKEMBAR – Puluhan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 310 Kidang Kencana menggelar bhakti sosial berupa donor darah di Aula Yonif 310/KK, Desa/Kecamatan Cikembar, kemarin (10/6).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi ini merupakan salah bentuk kepedulian TNI terhadap rakyat yang membutuhkan darah.

Bacaan Lainnya

Bakes (Bintara Kesehatan) Yonif 310/KK, Sertu Dedih mengatakan, para prajurit sebelum melakukan donor darah, terbebih dahulu diperiksa tensi darah masing-masing.

Setelah itu, mereka diperiksa kesehatannya untuk pengambilan sampel darah. Hal ini dimaksudkan agar para peserta donor darah dapat mengetahui layak atau tidaknya bila mengikuti donor darah tersebut.

“35 anggota yang melakukan donor darah ini,” jelas Sertu Dedih kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, kemarin (10/6).

Aksi donor darah, sambung Sertu Dedih, merupakan salah satu tindakan yang mulia.

Karena menurutnya, setetes darah sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

“Apalagi, pasca lebaran kebutuhan labu darah di setiap rumah sakit sangat tinggi sementara persediaannya sangat menipis. Untuk itu, kami melakukan aksi donor darah ini agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Menurut Dedih, darah yang diambil dari para prajurit nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan donor darah ini, selain wujud kepedulian TNI dalam membantu masyarakat juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota Yonif 310/KK yang telah menggelar aksi donor darah tersebut.

“Aksi donor darah ini, merupakan pertama kalinya lembaga di Kabupaten Sukabumi yang melakukan donor darah pasca lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah,” katanya.

Sebab itu, diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan donor darah ini, bisa menambah stok persediaan darah yang ada di PMI Kabupaten Sukabumi.

Sehingga apabila ada masyarakat yang membutuhkan bisa segera terpenuhi. “Alhamdulillah, kami berhasil mengumpulkan sebanyak 34 labu darah dari aksi donor darah ini,” katanya.

Kini, labu darah yang didapat dari kegiatan donor darah di Yonif 310/KK tersebut, belum bisa didistribusikan ke bank darah yang ada disetiap rumah sakit Kabupaten Sukabumi.

“Darah yang sekarang terkumpul akan kami uji saring. Jadi belum bisa didistribusikan,” pungkasnya.

(Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *