WISATA

Menikmati 6 Objek Wisata Menarik di Sleman Yogyakarta

Sleman adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Yogyakarta, tepatnya berada diantara kota Yogyakarta dan kabupaten Magelang. Walaupun kawasan ini tidak mempunyai objek wisata pantai, namun kawasan ini kaya akan objek wisata sejarah, terutama objek wisata candi dan museum. Selain itu, objek wisata lainnya juga akan anda temukan di kawasan tersebut.

Anda dapat mengunjungi berbagai objek wisata tersebut dengan cara yang mudah, mulai dari menggunakan paket wisata di pihak travel agent, atau mengunjungi website traveloka untuk memesan tiket masuk tempat wisata sendiri. Berikut ini adalah beberapa objek wisata menarik yang ada di kawasan Sleman, antara lain :

  1. Candi Prambanan

Lokasi terkenal pertama yang harus anda kunjungi adalah Candi Prambanan. Berlokasi di Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Hindu yang sarat akan legenda Roro Jonggrang ini, memang tidak pernah sepi pengunjung. Sudah sejak abad ke 9 masehi candi ini berdiri, jadi tidak heran, jika lokasi wisata tersebut masuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO.

Disini anda dapat menikmati berbagai macam bangunan candi, yang masih utuh berdiri, selain itu banyak juga bangunan candi lainnya yang tampak hancur. Objek wisata yang satu ini sangat mudah untuk dikunjungi, anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa kendaraan untuk sampai  ke lokasi tersebut. Tiket masuknya sekitar Rp 40.000, anda dapat membelinya di loket langsung, atau anda dapat membelinya di website traveloka sebelum anda pergi ke Candi Prambanan.

  1. Sendratari Ramayana

Jika anda mengunjungi candi Prambanan, ada baiknya jika menyempatkan diri untuk menikmati Sendratari Ramayana yang kerap digelar di pelataran candi Prambanan. Dimana ketika cuaca sedang bagus, akan didirikan panggung khusus yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan candi. Namun jika cuaca sedang buruk, maka acara tersebut akan dipindahkan ke gedung Trimurti. Dalam sendratari tersebut, anda akan menyaksikan pertunjukan seni tari yang mengisahkan tentang kehidupan Ramayana.

Sendratari Ramayana

Untuk menikmati sendratari tersebut, tentunya anda harus merogoh kocek sekitar Rp 40.000 – Rp 375.000 untuk panggung terbuka atau Rp 40.000 – Rp 275.000 untuk panggung tertutup. Sama seperti sebelumnya, anda dapat memperoleh tiket ini di loket resmi Candi Prambanan atau di website traveloka.

  1. Candi Ratu Boko

Adapun objek wisata candi lainnya yang cukup terkenal di kawasan Sleman ini adalah Candi Ratu Boko, yang lokasinya tidak jauh dari candi Prambanan, tepatnya di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kab. Sleman – Yogyakarta.  Berbeda dengan candi lainnya, candi yang satu ini, awalnya adalah sebuah kerajaan seorang ayah dari putri cantik bernama Roro Jonggrang. Jika dilihat sepintas, kemegahan dari candi yang satu ini tidak terlalu megah dibandingkan candi Prambanan. Selain itu, banyak bagian candi yang sudah mengalami kerusakan. Konon, kerusakan ini terjadi, akibat aktivitas perang pada masa kerajaan dulu. Di mana kawasan tersebut pernah menjadi benteng kerajaan. Objek wisata yang buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore ini, mempunyai tiket masuk dengan harga sekitar Rp 40.000. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari, dimana anda dapat melihat keindahan matahari terbenam, yang berpadu dengan bangunan candi yang sangat unik.

  1. Museum Affandi

Untuk anda yang menyukai seni lukis, ada baiknya jika mengunjungi Museum Affandi di Jl. Laksda Adisucipto no 167, Papringan, Caturtunggal, kec Depok, kab Sleman – DIY. Objek wisata ini adalah sebuah museum seni lukis terkenal dari seniman asal Cirebon yang bernama Affandi. Siapa yang tidak mengenal seniman yang satu ini, karya-karyanya sangat memukau dan museum ini dijadikan sebagai museum untuk memajang berbagai hasil karya seni yang dibuat oleh seniman tersebut.

Ada sekitar 250 lukisan yang dapat anda nikmati di museum tersebut. Mulai dari lukisan Oriental, hingga lukisan bertema percintaan yang sarat akan romantisme dapat anda temukan di lokasi yang satu ini. Untuk masuk ke lokasi ini anda harus merogoh kocek sekitar Rp 25.000 untuk dewasa, Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing.

Museum Affandi, Foto RADAR JOGJA
  1. Kinahrejo

Objek wisata yang berlokasi di desa Umbulharjo, kec Cangkringan, kab Sleman – DIY ini adalah nama sebuah dusun yang lokasinya ada di kaki gunung Merapi. Sudah sejak lama, dusun yang satu ini dianggap spesial, karena disinilah juru kunci Gunung Merapi yang bernama Mbah Marijan tinggal. Namun pada saat gunung Merapi meletus tahun 2010 silam, dusun ini luluh lantak dengan tanah. 8 tahun berselang, dusun yang satu ini sudah pulih dan kembali dihuni oleh masyarakat setempat seperti biasanya. Bahkan ada yang menarik ketika anda mengunjungi lokasi tersebut, yaitu mengunjungi bangunan milik Mbah Marijan yang hancur akibat erupsi gunung merapi tersebut. Terdapat sisa lava yang telah menumpuk dan mengeras, serta aneka tumpukan berbagai macam benda rusak, karena paparan lava dan debu panas yang ada. Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, anda tidak perlu tiket masuk sama sekali.

  1. Upside Down World Jogja

Ingin mengunjungi objek wisata yang unik dan menarik? maka Upside Down World Jogja ini dapat anda pilih. Bentuknya mirip dengan rumah tinggal pada umumnya, mulai dari ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan yang lainnya. Namun yang menarik adalah, bangunan tersebut dibuat terbalik. Ada sekitar 8 spot foto yang ada di lokasi tersebut, tentunya anda dapat memilih salah satu lokasi yang dianggap paling menarik. Ada juga ruang 3D yang pastinya menampilkan petualangan seru untuk hasil jepretan anda. Sehabis berkunjung ke Upside Down World Jogja, jangan lupa untuk posting foto ya.

Tags

Tinggalkan Balasan