Minarni Soedarjanto, Si Srikandi Raket Indonesia

Minarni Soedarjanto
Minarni Soedarjanto (Google Doodle)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Google hampir setiap hari selalu menampilkan peristiwa atau tokoh penting di laman utama pencariannya. Seperti hari ini, Jumat (10/5/2019), Google Doodle memajang kartun sosok legenda pebulu tangkis wanita asal Indonesia, Minarni Soedarjanto.

Ini merupakan bentuk penghormatan kepada Minarni Soedarjanto atas jasanya kepada dunia bulu tangkis tanah air. Dan ini pun dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke-75.

Bacaan Lainnya

Nah pertanyaannya, siapakah Minarni Soedarjanto? Wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 10 Mei 1944 ini adalah seorang atlit bulu tangkis wanita kebanggaan Indonesia.

Minarni Soedarjanto
Minarni Soedarjanto

Pada tahun yang sama, ia dipilih untuk masuk ke dalam tim nasional Indonesia, dan bersaing di turnamen bulu tangkis wanita kelas dunia, yaitu Piala Uber, demikian yang dikutip dari laman Google Doodle, Jumat (10/5/2019).

Meskipun Indonesia kalah pada 1960, Minarni memenangkan gelar tunggal dan ganda selama bertahun-tahun, termasuk kemenangan bersejarah dalam turnamen All England.

Dipasangkan dengan Retno Koestijah, Minarni memenangkan gelar All England pertama bagi Indonesia pada 1968.

Ia juga berhasil menjadi juara di US Open 1969 dan Canada Open di tahun yang sama.

Lebih lanjut, Minarni Soedarjanto adalah salah satu pebulu tangkis yang ikut bagian dari tim Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Uber pada tahun 1963, 1966, dan 1969.

“Sulit untuk pergi begitu saja, mengingat sudah 23 tahun bermain bulu tangkis,” katanya dalam sebuah wawancara pada 1972.

Meski sudah menjadi ibu dari tiga anak dan bertindak sebagai pemain-pelatih, dirinya menolak untuk pensiun tanpa memenuhi tujuannya.

Akhirnya, ia mampu mengalahkan pemain andalan asal Jepang, memenangkan piala Uber pertama bagi Indonesia, dan menjadi gelar terakhir dalam karirnya yang termasyhur.

Hatur nuhun pisan Ibu Minarni Soedarjanto dan selamat ulang tahun ke-75.

(lp6/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *