Liput Aksi 22 Mei, 7 Wartawan Jadi Korban

Massa aksi 22 Mei saat melakukan unjuk rasa di depan kantro Bawaslu RI

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan LBH Pers menyoroti kekerasan dan intimidasi yang dialami wartawan ketika meliput aksi di sekitar Gedung Bawaslu, Jakarta, yang berujung ricuh pada Rabu petang hingga malam (22/5).

Berdasarkan verifikasi yang dilakukan tim AJI Jakarta, hingga saat ini setidaknya ada tujuh jurnalis yang mengalami kekerasan, intimidasi dan persekusi.

Bacaan Lainnya

Mereka adalah Budi Tanjung (Jurnalis CNNIndonesia TV), Ryan (CNNIndonesia.com), Ryan (Jurnalis MNC Media), Fajar (Jurnalis Radio MNC Trijaya), Fadli Mubarok (Jurnalis Alinea.id), dan dua jurnalis RTV yaitu Intan Bedisa dan Rahajeng Mutiara

“Tak menutup kemungkinan, masih banyak jurnalis lainnya yang menjadi korban. Sampai saat ini AJI Jakarta masih mengumpulkan data dan verifikasi para jurnalis yang menjadi korban,” tulis AJI Jakarta dalam rilis yang diterima redaksi.

AJI Jakarta mencontohkan tindakan yang dialami wartawan Transmedia, Budi Tanjung. Disebutkan, Budi dipukul di bagian kepala.

Selain itu rekaman videonya di ponsel dihapus oleh anggota Brimob di depan Gereja Kristen Indonesia (GKI), Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu dini hari (22/5).

Kejadian yang kurang lebih sama juga dialami wartawan CNNIndonesia.com, Ryan, saat meliput di Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat.

Ketika itu Ryan sedang merekam aksi polisi menangkap provokator massa. Namun, polisi merebut ponselnya dan meminta menghapus video.

“Ryan dipukul di bagian wajah, leher, lengan kanan bagian atas, dan bahu oleh beberapa anggota Brimob dan orang berseragam bebas. Mereka juga menggunakan tongkat untuk memukul Ryan,” tulis AJI Jakarta.

“Aparat kepolisian tetap melakukan kekerasan walaupun Budi dan Ryan mengaku sebagai jurnalis, bahkan telah menunjukkan identitasnya sebagai jurnalis,” sambung keterangan itu.

Bukan hanya aparat keamanan, massa aksi juga melakukan kekerasan terhadap wartawan yang sedang bertugas.

Mereka melakukan persekusi dan merampas peralatan kerja jurnalis seperti kamera, telepon genggam, dan alat perekam. Juga ada yang meminta agar rekaman dihapus.

Bersama LBH Pers, AJI Jakarta menyampaikan kecaman atas kejadian-kejadian yang dialami massa aksi.

“Tindakan yang mengintimidasi jurnalis saat meliput peristiwa kerusuhan itu bisa dikategorikan sebagai sensor terhadap produk jurnalistik,” kata Aji.

“Perbuatan itu termasuk pelanggaran pidana yang diatur dalam Pasal 18 UU 40/1999 Tentang Pers. Setiap orang yang menghalangi kebebasan pers diancam penjara maksimal dua tahun, dan denda maksimal Rp 500 juta,” tambahnya.

AJI Jakarta dan LBH Pers mendesak aparat keamanan dan masyarakat untuk menghormati dan mendukung iklim kemerdekaan pers, tanpa ada intimidasi serta menghalangi kerja wartawan di lapangan.

Selain itu, kedua organisasi ini mengimbau pimpinan media massa ikut bertanggung jawab menjaga dan mengutamakan keselamatan wartawan di lapangan.

“Sebab, tidak ada berita seharga nyawa,” sambung mereka.

Keterangan tersebut diautentifikasi oleh Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani Amri, Direktur Eksekutif LBH Pers Ade Wahyudin, dan Ketua Divisi Advokasi AJI Jakarta Erick Tanjung.

(rmol/pojoksatu/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *