Pemkab SukabumiSUKABUMI

Pemda Percepat KLA

CISAAT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri membuka giat Diseminasi Pencegahan dan Penanganan Kejahatan atau Kekerasan terhadap Anak angkatan III dan Pos Rindu ASI Tingkat Kabupaten Sukabumi, di wilayah Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, belum lama ini.

Kegiatan ini, diselanggarakan untuk mendukung Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk mendukung Kabupaten Sukabumi sebagai KLA,” kata Iyos, belum lama ini.

Iyos menekankan, para kepala perangkat daerah dan camat untuk ikut aktif dalam mensosialisasikan pemahaman KLA, mulai tingkat Kecamatan Layak Anak hingga Kampung Layak Anak.

“Diseminasi ini lebih memantapkan posisi Kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten Layak Anak.

Sehingga perempuan dan anak merasa terlindungi, terayomi, aman dan nyaman dalam kehidupannya sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi, Aisyah menuturkan, kegiatan ini untuk mengetahui penanganan dan penanggulangan korban kekerasan anak dan percepatan Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Sementara ini ada lima kluster pemenuhan hak-hak anak yang antara lain hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan dan pemanfaatan waktu serta seni budaya juga perlindungan khusus,” ujarnya.

Sedangkan 21 indikator Kabupaten Layak Anak diimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan di Kabupaten Sukabumi.

“Poin terpenting dari proses pengembangan KLA adalah koordinasi diantara stakeholder yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” pungkasnya.

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan