Jelang Idul Fitri, Dishub Gelar Operasi

PEMERIKSAAN: BNNK Sukabumi saat melakukan tes urine terhadap sopir angkutan di Terminal Cibadak, belum lama ini.

CIBADAK, RADARSUKABUMI.com, – Menjelang Idul Fitri, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi menggelar operasi gabungan di Terminal Cibadak kemarin.

Selain mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, dalam operasi kemarin juga dilaksanakan tes urine puluhan sopir angkutan.

Bacaan Lainnya

Pantauan Radar Sukabumi, dalam operasi ini sedikitnya ada 50 orang sopir yang diperiksa. Sementara surat-surat kendaraan semua diperiksa berikut dengan kelaikan beroperasi kendaraan.

Kadishub Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudarajat mengatakan, operasi yang dilakukan itu untuk menciptakan suasana nyaman dan aman menjelang Idul Fitri.

Sesuai dengan kewenangannya, Dishub mengecek kendaraan dimulai dari surat-surat sampai pemeriksaan kendaraan.

“Ini dalam upaya persiapan menjelang Idul Fitri. Kami menghendaki, semua berjalan dengan aman dan nyaman,” ujar Lukman Sudrajat kepada Radar Sukabumi.

Dikatakan Lukman, dalam pelaksanaan lebaran nanti, pihaknya telah menyiapkan 240 personil yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

Petugas akan disiagakan disejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan dan juga akses menuju tempat wisata.

“Dari jumlah itu, sebagian disiapkan dijalur utama dan wisata. Sisanya tersebar dibeberapa titik Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Dalam hal tes urine ini, lanjut Lukman, yakni untuk menekan angka kecelakaan akibat sopir angkutan berada di bawah pengaruh obat-obatan terlarang.

Mengantisipasi hal itu, dalam operasi ini pihaknya menggandeng BNNK Sukabumi.

“Kami tidak ingin, para sopir berada di bawah pengaruh obat-obatan terlarang. Makanya, operasi kali ini juga kami menggandeng BNNK Sukabumi,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Sukabumi, AKBP Yusdanial menyatakan, 50 sopir angkutan umum yang diperiksa, hasilnya dipastikan negatif.

Artinya, awak angkutan yang melintas di jalur Sukabumi, saat ini bersih dari penggunaan obat-obatan terlarang.

“Dari hasil pemeriksaan hari ini, semua dinyatakan negatif,” singkatnya.

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi menambahkan, selain melakukan tes urine, personel gabungan juga melakukan pengecekan sejumlah perlengkapan dan kondisi kendaraanya untuk memastikan semua dalam kondisi normal.

“Ini salah satu upaya kami untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menekan kecelakaan di wilayah hukum Polres Sukabumi,” tambahnya.

Bagi kendaraan yang ditemukan dalam kondisi kurang baik, sambung dia, pihaknya menyarankan untuk segera memperbaiki terlebih dulu.

“Tentunya ini demi keamanan dan kenyamanan para penumpang,” pungkasnya.

(bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *