RamadanSUKABUMI

Jangan Boros! Ini Tips Mengelola THR Lebaran

RADARSUKABUMI.com – Bulan Ramadan memang merupakan bulan penuh dengan keberkahan dan rezeki, apalagi bagi para karyawan yang mendapatkan rezeki nomplok.

Pembagian THR (Tunjangan Hari Raya) di akhir Ramadhan memang banyak ditunggu-tunggu. Apalagi jika jumlah THR yang sangat besar.

Tapi terkadang mendapatkan THR malah membuat seseorang menjadi lebih boros. Nah berikut merupakan cara mengelola THR yang benar supaya tidak melarat nantinya.

1. Susunlah Anggaran Terlebih Dahulu Sebelum Berbelanja

Sebelum uang THR ada di tangan, susun anggaran terlebih dahulu supaya uang THR dialokasikan dengan bijak sesuai kebutuhan.

2. Prioritaskan Hal-Hal yang Penting Lebih Dahulu

Selain untuk belanja sehari-hari, Anda juga harus memprioritaskan sebagian uang THR untuk biaya listrik, air, telepon, dan internet.

3. Uang THR Jangan Lupa Ditabung

Setelah uang THR ada di tangan, jangan langsung memikirkan untuk beli ini dan itu hingga kalap mata. Ingat, uang THR jangan sepenuhnya digunakan untuk membeli barang. Sebaiknya sebagian uangnya juga harus ditabung.

4. Bayar Cicilan Utang Supaya Tidak Menumpuk

Uang THR masih bersisa? Anda bisa pergunakan sebagian uang THR untuk membayar cicilan utang sebelum tersebut jatuh tempo.

5. Berbagi Kepada yang Membutuhkan

Meski uang THR diperuntukkan bagi diri sendiri, tapi tak ada salahnya jika uang tersebut digunakan untuk berbagi. Hitung-hitung sedekah dengan orang yang ada di sekitar.

6. Catat Pengeluaran Secara Rinci

Uang yang sudah dihabiskan untuk belanja, bayar utang, tabungan, dan bersedekah sebaiknya ditulis ke dalam satu catatan. Tujuannya supaya tahu jumlah uang THR yang sudah dihabiskan.

(ayu/tipstren/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan