KESEHATANKOTA SUKABUMISUKABUMI

Stok Darah Makin Tipis

SUKABUMI,RADARSUKABUMI.com – Pertengahan bulan suci Ramadan, minat warga donor darah ke Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menurun.

Kondisi ini pun berdampak terhadap stok labu darah yang terus menipis.

Humas UTD PMI Kabupaten Sukabumi, Agus Sutisna mengatakan, saat ini stok labu darah yang ada di UTD PMI hanya tersisa 50 kantong darah dari berbagai golongan. Sementara perbulan rata-rata kebutuhan labu darah sebanyak 1.500 kantong darah.

“Untuk perharinya kebutuhan kantong darah di Kabupaten Sukabumi ini sebanyak 50 labu,” jelas Agus kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, kemarin (23/5).

Beruntung, kata Agus, sebelumnya PMI Kabupaten Sukabumi sudah menyalurkan kantong darah ke bank darah yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu dan RSUD Sekarwangi Kecamatan Cibadak.

“Insya Allah, stok darah yang ada didua rumah sakit ini akan mencukupi hingga satu minggu kedepan,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, stok labu darah saat ini biasanya digunakan oleh rumah sakit hingga sepekan setelah lebaran.

Untuk itu, diperlukan upaya untuk penggalangan donor darah secara massal.

“Bila stok labu darah makin berkurang, maka warga harus membawa donor pengganti ke PMI yang berasal dari keluarga atau yang lainnya. Sehingga warga atau pasien lainnya yang membutuhkan labu darah bisa mendapatkan,” ujarnya.

Disinyalir, kekurangan labuh darah ini akan berlangsung selama Ramadan.

Sebab, masyarakat kebanyakan tidak mau mendonorkan darahnya.

Lantaran tengah melakukan ibadah puasa.

Untuk itu, PMI Kabupaten Sukabumi melakukan sosialisasi baik kepada masyarakat, instansi pemerintahan, kepolisian maupun TNI.

Hal ini merupakan langkah preventif untuk bisa mendapatkan donor darah.

“Insya Allah, rencananya minggu depan akan ada sejumlah institusi yang akan menggelar donor massal.

Seperti aparat kepolisian dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Humas RSUD Sekarwangi, Ramdansyah mengatakan, saat ini stok darah di bank darah RSUD Sekarwangi, golongan darah O mencukupi untuk satu minggu kedepan.

Namun untuk golongan darah A dan B saat ini stoknya dibawah sepuluh labu dan itu tidak akan cukup untuk satu minggu ke depan.

“Sementara golongan darah AB kosong,” katanya.

Untuk mengantisipasi permintaan darah dari golongan darah AB, biasanya pasien diharuskan ada pendonor dari keluarga.

“Biasanya keluarga pasien selalu diarahkan ke PMI Kabupaten Sukabumi bila stok darah di bank darah kami tidak ada,” pungkasnya.

(Den)

Tags

Tinggalkan Balasan