Kecamatan Warudoyong

Berprestasi Juara K3 dari DLH

KELURAHAN WARUDOYONG, KECAMATAN WARUDOYONG

Kebersihan lingkungan kelurahan, kerap mengantarkan Kelurahan Warudoyong menjadi langganan perolehan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tiap tahun.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kelurahan Warudoyong Kecamatan Warudoyong membawahi lima RW 32 RT. Kelurahan yang dipimpin Lurah Warudoyong, Iyan Rojiman ini memiliki luas wilayah 43, 9 Ha.

Data yang diperoleh, jumlah penduduk Kelurahan Watudoyong pada survey terakhir ada 6.382 jiwa dengan pembagian penduduk terdiri dari 3.252 jiwa untuk laki-laki dan 3.150 jiwa untuk perempuan.

Menurut Staf Pemerintahan Kelurahan Watudoyong, Dani Wibisana pekerjaan penduduk Kelurahan Warudoyong rata-rata didominasi pada buruh harian lepas, wiraswasta, dan pedagang, suatu pekerjaan penduduk yang banyak mendiami daerah perkotaan.

Kenapa dikatakan banyak buruh harian lepas karena di Kelurahan Warudoyong terdapat industri besar seperti Great Apparel yang memiliki banyak karyawan atau buruh pabrik.

Selain Great Apparel ada juga industri pembuatan jelly Nata Dengan Coco dari Inako. Selanjutnya, untuk pekerjaan wiraswastanya karena di kelurahan ini juga punya ragam UKM antara lain yang ada di RW 01 ada kue basah dan RW05 variasi sprei potong juga UKM lainnya.

Berbicara untuk prestasi yang diperoleh pihaknya menyampaikan setiap tahun Kelurahan Warudoyong menjuarai Lomba K3 salah satunya Kebersihan lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi.

Lingkungan Kelurahan Warudoyong memang cukup asri juga sebagainnya penuh penghijauan atau Ruang Terbuka Hijau. Kelurahan Warudoyong juga memiliki Ruang Rokok atau Smooking Area. Selain itu, pada 2018 juga pernah meraih Juara III Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam)Warudoyong untuk kategori lomba sepak bola, badminton dan voli.(*)

P2RW Dorong Pengembangan RW

Kasi PPM Kelurahan Warudoyong, Ovi Oktaviani

Kasi PPM, Ovi Oktaviani mewakili Lurah Warudoyong, Iyan Rojiman menerangkan usulan program kerja pembangunan 2019 untukProgram Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di masing-masing RW.

Ovi menyampaikan untuk di RW 01 mengusulkan pembangunan jalan gang sekitar 200 meter dengan lebar sekitar 1 meter. “RW 02 pembangunan sekretariat RW, RW 03 pembangunan jalan gang yang panjangnya sekitar 200 meter dengan lebar sekitar 1 meter dan Saluran Air Limbah,”sebutnya.

Sedangkan untuk RW 04 mengusulkan pengadaan sound system dan Saluran Air Limbah. Ia juga menyebutkan untuk RW 05 pengadaan kursi plastik dan jalan gang sepanjang sekitar 200 meter dengan lebar sekitar satu meter.

Sementara itu ada juga usulan untuk rencana bantuan Dana Kelurahan di 2019.

Ovi menyampaikan sesuai Permendagri Nomor 130 tahun 2018 bahwa Dana Kelurahan diarahkan pada sarana prasarana dan pemberdayaan.

Pada 2019 Dana Kelurahan masih usulan dari RW di bidang infrastrukturnya antara lain sekitar pembangunan jalan gang, rehab MCK umum, septitank komunal, posyandu, dan pemenuhan kebutuhan di dalamnya seperti taman bermain anak.

Sedangkan untuk bidang pemberdayaannya di antaranya peningkatan kapasitas kader posyandu, PKK, sat linmas, karang taruna, dan peran RT/RW di masyarakat. (dit)

Tags

Tinggalkan Balasan