JAWA BARATKABUPATEN SUKABUMIKOTA SUKABUMIPemerintah Kota SukabumiPENDIDIKAN

Gita: Harkitnas Komitmen Kebangkitan

CISAAT,RADARSUKABUMI – Gerakan Indonesia Kita (Gita) Sukabumi menjadi inisiator pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun yang diselenggarakan di salah satu rumah makan yang ada di Jalan Raya Jalur Lingkar Selatan, Mangkalaya, Kecamatan Cisaat, kemarin.

Peringatan Harkitnas tersebut diisi dengan berbagai rangkaian acara.

Diantaranya, orasi kebangsaan oleh aktivis politik, Hasim Adnan dan tausiyah kebangsaan oleh Ridwan Subagja.

Koordinator Gita Sukabumi, Bayu Permana mengatakan, peringatan Harkitnas ini untuk mengingatkan kembali akan sejarah dimana 111 tahun yang lalu sekelompok pemuda telah berkomitmen untuk membangkitkan Indonesia dari penjajahan kolonialisme dan keterbelakangan.

“Harkitnas ini menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan inti dari Pancasila,” jelasnya.

Semangat gotong royong, sambung Bayu, diyakininya dapat mendorong kemandirian ekonomi, menjaga martabat budaya bangsa dan mengikat potensi penduduk di Indonesia.

“Gotong royong adalah kekuatan yang paling dahsyat bagi Indonesia untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan negara,” bebernya.

Sementara itu, Hasim Adnan dalam orasinya menyampaikan harapan bahwa pasca Pilpres berbagai ketegangan yang terjadi segera diredam.

“Untuk itu, mari kita kembali membangun komitmen dan semangat optimisme dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan,” katanya.

Sementara itu, KH. Riwan Subagja dalam tusiyahnya menyampaikan, Pilpres yang merupakan kegiatan pesta lima tahunan ini jangan sampai energi bangsa Indonesia habis untuk persoalan kegiatan lima tahunan.

“Mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa persaudaraan dan kembali merawat keragaman sebagai modal dasar kita dalam berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

(Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan