KABUPATEN SUKABUMI

Perumda AM TJM Buka Layanan 24 Jam

SUKABUMI – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi, menjamin pasokan air bersih ke rumah warga lancar selama libur lebaran. Bahkan untuk pelayanan yang prima, mereka akan akan membuka layanan 24 jam selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang.

Direktur Teknik Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi lebih banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat perkotaan.

Pasalnya, penduduk yang pada awalnya bekerja di perkotaan akan kembali ke kampung halamannya.

“Berdasarkan pengalaman saya bekerja di Perumda AM TJM yang sebelumnya bernama PDAM selama 30 tahun, kebutuhan air bersih di Kabupaten Sukabumi, akan selalu meningkat. Jadi berdasarkan hal itu, kita akan utamakan untuk pemenuhan di daerah-daerah, namun stok untuk masyarakat perkotaan juga kita jaga,” kata Iyus Sugiarto usai pelantikan di Gedung Negara Pendopo Sukabumi di Jalan Raya Ahmad Yani, Kecamatan Warudoyong, kemarin (20/5).

Berkaca dari tahun sebelumnya, sambung Iyus, memasuki perayaan lebaran sering terjadi lonjakan penggunaan air bersih. Namun demikian, lonjakan itu tidak signifikan. Sehingga tidak sampai mengganggu stabilitas penggunaan air bersih.

“Debit air dimasing-masing sumber dalam kondisi penuh dan 100 persen bagus. Untuk itu, kami berani menjamin distribusi air bersih ke pelanggan akan lancar selama lebaran nanti,” paparnya.

Menurut Iyus, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah terluas se Pulau Jawa dan Bali. Sehingga, tak ayal jika dalam pendistribusian air bersih ke rumah warga akan mengalami hambatan. Untuk itu, pihaknya akan memberikan pelayanan yang prima dengan cara menyebar petugas ke setiap daerah.

Hal ini, dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan air bersih dapat terpenuhi sebagaimana mestinya. “Saya berharap kepada pelanggan, bila terjadi gangguan distribusi segera melapor agar bisa ditangani secepatnya. Namun, jika dalam beberapa waktu perbaikan belum selesai, distribusi air ke pelanggan akan dilakukan dengan cara droping menggunakan mobil tangki,” bebernya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun lalu, selama lebaran seluruh pelanggan bisa terlayani dengan baik. Meski demikian, ia tetap akan melakukan langkah persiapan untuk menghadapi lebaran nanti. “Sebab kami tidak ingin mengecewakan pelanggan,” ujarnya.

Menurut Iyus, berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, mesin produksi dan jaringan distribusi air bersih dalam kondisi baik. Selama lebaran, stok air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dijamin tidak ada masalah.

Untuk itu, dalam masa jabatannya di periode 2019-2024 ini, pihaknya akan melanjutkan beberapa program sebelumnya yang belum terealisasi pada masa jabatannya tahun 2014 lalu. “Tentunya program ini sangat berkaitan dengan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Ya, pada periode kali ini saya akan melanjutkan program yang belum terselesaikan. Seperti menambah sambungan pelanggan untuk terus memenuhi kebutuhan air bersih serta mengembangkan perusahaan air minum dalam pelayanan menambah kapasitas debit air dan menekan titik kebocoran dalam pendistribusian air bersih,” pungkasnya. (Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan