KOTA SUKABUMI

Masjid Al- Muslikh, Kini Tidak Terawat

LEMBURSITU – Masjid Al- Muslikh, yang berlokasi di sekitar komplek bumi perkemahan, RT 4/3, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu kurang terurus. Suasana di sekitar masjid yang dibangun dan dinamai mantan walikota periode 2004-2014 nampak kumuh dan kotor.

Pantauan Radar Sukabumi, gerbang besar menuju masjid ini selalu rapat terkunci, untuk masuk kedalam lingkungan masjid terpaksa harus menggunakan tangga. Disekitar lokasi masjid Al Muslikh ini, rumput-rumput yang kurang terawat membuat suasana sekitar nampak tidak sedap dipandang.

Masuk ke pelataran masjid, lantai keramik putih pun terlihat kurang perawatan. Bahkan, di pintu masuknya masjid kotoran-kotoran tanah menyambut kita yang hendak beribadah. Tidak hanya itu, mulai dari jendela, karpet masjid amat terlihat kurang perawatan.

Kepada Radar Sukabumi, beberapa pemuda yang ditemui disekitar lokasi mengakui masjid tersebut masih digunakan. Hanya saja, karena cukup jauh dari pemukiman sehingga tidak setiap waktu salat, warga menggunakan masjid ini.

“Masih digunakan pak, silahkan saja. Tpi, memang agak kotor karena cukup karang digunakan, paling kalau ada yang kemah di atas,” ungkap pemuda yang enggan menyebutkan namanya ini, kemarin (20/5).

Dihubungi terpisah, Lurah Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Agus Heryanto mengakui, masjid yang didirikan pada masa Walikota Sukabumi, (alm) Mokh Muslikh Abdussyukur ini memang kurang terawat karena jarang digunakan.

“Ya betul, memang jarang difungsikan. Kalau gak salah, pengelolaannya sendiri ada di bumi perkemahan. Lokasi mesjid ini cukup jauh dari perkampungan, sehingga mungkin kurang begitu digunakan,” terangnya.

Agus juga mengungkapkan, bebrpaa waktu lalu pernah digagas upaya beberesih bersama di lokasi tersebut. Hanya saja, karena tidak berkesinambungan sehingga lokasi sekitar masjid tersebut.

“Memang, sebenarnya ini harus menjadi kepedulian bersama, sekarang kan ada program jumat bersih, nanti kita fokuskan lokusnya disana,” tandasnya. (upi)

Tags

Tinggalkan Balasan