Ramadan

Faedah Bulan Ramadan

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada kesempatan yang kesekian kalinya kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadan 1440 Hijriyah. Sambutlah bulan suci Ramadan ini dengan lapang dada, penuh kegembiraan, serta dipersiapkan baginya ruang yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkannya tidak menggerutu dan menganggap kehadiarannya mengganggu ketenangan atau suasana nyaman.

Sebab itu, marilah kita sambut bulan Ramadan yang merupakan bulan yang selalu di nanti bagi orang-orang mukmin, kepergian bulan Ramadan jauh lebih disesalkan dari pada kepulangan seorang tamu mulia yang berlalu pergi.

Mari kita jalani bulan suci Ramadan ini dengan lapang dada dan penuh keihlasan. Sebab, bulan penuh berkah ini memiliki banyak faedah jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Diantaranya, paedah bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan semuanya menjadi pahala mulai dari gerak dan gerik serta tingkah laku yang di ridhoi Allah SWT.

Hal ini, berdasarkan hadist yang di riwayatkan dari Umar Bin Khotob, bahwa apabila seseorang diantara kamu bangun dari tidurnya di bulan Ramadan dan membolak balikan badan di alasnya sert melakukan sholat malam, maka alas tersebut akan mendokannya. “Ya Allah berilah dia, hampran yang tinggi di akherat kelak nanti”.

Apabila menggunakan pakakian, maka pakaian pun akan mendoakannya. “Ya Allah, berilah dia kelak perhiasan-perhiasan surga”.

Untuk itu, jika seseorang dalam menjalankan ibadah puasa sesuai dengan aturannya. Maka, seluruh barang yang digunakan oleh tubuh, akan mendoakan kita. Seperti sendal, air wudhu. Bahkan, rumah yang disinggahinya pun ikut mendokan beserta tanahnya.

Demikianlah, faedah sesorang dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan yang telah disebutkan sesuai hadist soheh yang di riwayatkan dari Umar Bin Khotob. (*)

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakotatuh.

Tags

Tinggalkan Balasan