Pemerintah Kota SukabumiSUKABUMI

Renovasi Lapdek Sukabumi Dianggarkan Rp 15 Miliar

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Sukabumi kembali mewacanakan untuk mempercantik Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan pun mencapai Rp 15 miliar dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Dananya sudah diplot sebesar 15 Miliar untuk kawasan Lapang Merdeka,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PUPRPKPP) Kota Sukabumi, Asep Irawan, Jumat (17/5).

Anggaran tersebut untuk penataan kawasan lapang mereka sampai dengan taman alun-alun. Diantaranya, Rp7,5 miliar untuk penataan Lapang Merdeka bagian dalam melalui DPUPRPKPP. Kemudian, sebanyak Rp2,5 miliar untuk pembangunan pedestrian melalui Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Rp5 miliar untuk penataan taman alun-alun melalui DLH Kota Sukabumi.

“Jadi, Rp15 miliar untuk tiga kegiatan,” terang dia.

Ditambahkan Asep, penataan kawasan Lapangan Merdeka tidak mungkin selesai tahun 2019, sehingga pihaknya menargetkan selesai tahun 2020 mendatang.

“Mengingat waktu yang semakin mepet dan tidak memungkinkan tuntas dikerjakan pada tahun 2019,” ujarnya.

Alasan lain, kata dia, Detail Enginering Design (DED) untuk penataan kawasan Lapang Merdeka masih dalam pengerjaan.

“Site plane sudah ada, tinggal pendetailan. Mudah-mudahan Juni selesai dan bisa dilelang. Diperkirakan hanya sebagian dana yang bisa terserap, sisanya luncuran tahun 2020,” aku dia.

Penataan kata Asep, dimulai dari depan Gadung Juang 45 sampai ke alun alun depan Masjid Agung. Kawasan tersebut akan dijadikan pusat olah raga dan rekreasi yang dilengkapi dengan taman. Rencananya, Lapang Merdeka akan dilapis dengan karpet.

“Mulai dari atas akan dibangun pedesterian sampai ke depan Masjid Agung,” katanya.

(bal/izo)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *