InfrastrukturTechnologi

Canggih! Pegawai di Sukabumi Absen Pakai Face Detection

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi kembali berinovasi. Kali ini, guna mengedepankan kedisiplinan karyawan, Perumda memasang face detection atau absensi wajah. Absensi sidik jari atau finger print yang berlaku selama ini dinilai masih kurang efektif dan masih memiliki kelemahan.

Kasubag Administrasi Kepegawian Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Heni Tisnawati mengatakan, pemasangan mesin pendeteksi wajah tersebut sudah berlaku sejak awal Mei lalu. “Kami mencoba berinovasi untuk meningkatkan kedisiplinan para karyawan dengan memasang mesin ini,” kata Heni kepada wartawan.

Menurutnya, pamasangan alat tersebut merukalan uji coba. Kerja alat face detector ini lebih akurat dibandingkan finger print. “Dengan alat baru ini kami berharap dapat meningkatkan kedisiplinan pegawai, sehingga karyawan dapat bekerja lebih jujur dan tepat waktu. Kemungkinan bulan depan semua cabang akan dipasang alat yang sama. Setiap karyawan masuk dan keluar kantor harus absen,” tuturnya.

Jika sudah dipasang pada semua cabang, sambung dia, absensi seluruh karyawan akan secara otomatis masuk ke kantor pusat. Selain absensi melalui scan wajah, alat ini juga berbasis android. Jadi, setiap karyawan bisa otomatis absen jika dari rumah langsung menuju lokasi tanpa ke kantor dulu. Maka dari itu, mesin face detection lebih simpel.

“Ya, kalau ada pekerjaan langsung ke lapangan karyawan bisa absensi melalui HP android dan memberikan titik kordinatnya sehingga kami bisa mengetahui keryawan tersebut berada di mana,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pemasangan alat pendeteksi wajah ini dapat meningkatkan kedisiplinan para pegawainya. “Mudah-mudahan dengan adanya alat ini karyawan di Perumda AM TJM ini bisa semakin disiplin,” pungkasnya.

(bam/izo)

Tinggalkan Balasan