Infrastruktur

Baznas Kabupaten Sukabumi Bagikan Gerobak dan Modal Usaha

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan gerobak micropreneur dan modal usaha kepada warga Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, belum lama ini. Bantuan diberikan untuk membantu warga dalam mengembangkan usahanya.

Kepala Bidang Administrasi Umum Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin mengatakan, sedikitnya 10 gerobak micropreneur dan modal usaha senilai Rp5 juta perorang untuk 10 orang diberikan. “Jumlah total modal usaha Rp50 juta yang kami salurkan, sedangkan gerobak micropreneur jika diuangkan senilai Rp53 juta,” kata Kamaludin kepada Radar Sukabumi, Jumat (17/5).

Lanjut Kamaludin, penyaluran gerobak dan permodalan tersebut untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar dapat mengembangkan usahanya. Menurutnya, fungsi zakat salah satunya untuk menekan angka kemiskinan. Dengan adanya penyaluran tersebut, ia berharap keberadaan zakat di bidang ekonomi dapat dirasakan manfaatnya.

“Selain itu juga Baznas melakukan pengorganisasian dan pendampingan agar modal yang diberikan dapat dikelola dengan baik. Lalu, melakukan pembinaan dan penguatan terhadap mustahik agar modal yang diberikan dapat berkembang secara optimal,” tansanya.

Bantuan yang disalurkan untuk para pelaku usaha tersebut, berasal dari Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). Sebab itu, Baznas Kabupaten Sukabumi tak hentinya meminta masyarakat untuk menyalurkan ZISnya melalui Baznas. “Karena memang masih banyak yang menyalurkan ZIS melalui perorangan,” ujarnya.

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat, Baznas terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarkat tentang ZIS dan lainnya.

“Kedepan kami harap, dengan upaya yang terus dilakukan ini bisa meningkatkan penghasilan ZIS seiring meningkatnya kesadaran masyarkat,” pungkasnya.

(bam/izo)

Tags

Tinggalkan Balasan