RamadanSUKABUMI

Bikin Es Pisang Ijo yuk! Nih Caranya

RADARSUKABUMI.com – Tidak bisa dipungkiri lagi memang jika buka puasa selalu diawali dengan meminum es, padahal seharusnya disarankan untuk minum air putih hangat terlebih dahulu.

Maka dari itu tidak heran lagi jika banyak menu takjil segar yang dicampur dengan es batu. Salah satunya yakni Es Pisang Ijo ini.

Nggak harus melulu beli loh, kalian juga bisa membuatnya di rumah. Itung-itung sambil ngabuburit.

Bahan Kulit

-100 gr tepung terigu
-1 sdt margarin
-Pasta pandan secukupnya
-3 buah pisang kepok atau raja
-100 ml air

Bahan Bubur Sumsum

-200 ml santan (65 ml santan instan + air)
-25 gr gula pasir
-Garam secukupnya
-3 sdm tepung beras

Bahan Lain

-Sirup cocopandan secukupnya
-Es batu secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan bahan, didihkan air, margarin, garam dan beri pasta pandan. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukkan tepung terigu.

2. Aduk cepat dam matikan api. Setelah adonan hangat, remas-remas adonan hingga semua tercampur rata. Uleni hingga kalis.

3. Kupas pisang, ambil adonan dan pipihkan bungkus pisang dengan adonan tadi.

4. Lalu panaskan kukusan olesi wadah dengan minyak goreng kukus pisang yang telah terbungkus adonan kulit selama 15 menit. Jangan lupa tutup panci dengan serbet.

5. Untuk membuat bubur sumsum, rebus santan, gula pasir, garam dan aduk sampai mendidih. Larutkan tepung beras dengan air, masukkan ke dalam larutan santan, lalu aduk sampai mengental. Matikan api.

6. Siapkan mangkuk saji, potong-potong pisang ijo. Letakkan pisang ijo, es batu dan bubur sumsum. Siram dengan sirupnya. Es pisang ijo siap dinikmati.

(ayu/tipstren/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan