PENDIDIKANSUKABUMI

SMAN 3 Jawarai Hasil UNBK

PENDIDIKAN SUKABUMI – Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah V Provinsi Jawa Barat (Jabar) merilis hasil nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK 2019.

Berdasarkan hasil data yang diterima Casdikdi Wil V Jabar, hasil UNBK mengalami peningkatan sekitar 28 persen dari tahun sebelumnya.

“Bahkan, ada beberapa siswa yang mendapat nilai sempurna. Meskipun kenaikannya tidak terlalu besar, tetapi ini patut untuk kita syukuri,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Pendidikan Cabang Disdik Wilayah V Provinsi Jabar, Nonong Winarni saat ditemui Radar Sukabumi, kemarin (10/5).

Nonong menyebutkan, sejak tiga tahun terakhir ini SMA dan SMK di wilayahnya telah 100 persen melaksanakan UNBK. Dimana sebelumnya, pelaksanaan ujian nasional masih menggunakan kertas pensil atau UNKP.

Menurutnya, selama siswanya melaksanakan UNKP nilai rata-rata UN siswa besar tetapi nilai integritas (kejujuran, red) menurun. Saat siswa mulai melakukan UNBK, nilai rata-rata siswa kecil tetapi nilai integritasnya meningkat.

“Itu artinya, sekarang nilai yang keluar adalah hasil murni yang dikerjakan oleh siswa. Tetapi kalau saya lihat, justru nilainya ada peningkatan meski memang tidak terlalu besar,” ucapnya.

Berdasarkan hasil data yang diterimanya, untuk peringkat pertama nilai UNBK tertinggi IPA diraih oleh Roby Attoillah siswa SMA Negeri 3 Kota Sukabumi dengan perolehan rata-rata nilai 3.70.

Roby berhasil menjadi yang terbaik karena berhasil mendapatkan nilai nyaris sempurna seperti untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 100,0, Bahasa Inggris 90.0, Matematika 87.5 dan untuk matapelajaran pilihan memperoleh 9.25.

Sementara untuk IPS, diraih oleh Najwa siswa SMA Negeri 3 Kota Sukabumi dengan rata-rata nilai 3.19.

Dan untuk jenjang SMK, diraih oleh Rima Pusvita Aprilia siswa SMKN 2 Kota Sukabumi dengan perolehan rata-rata nilai 3,46 dengan masing-masing nilai untuk Bahasa Indonesia 96.0, Bahasa Inggris 78.0, Matematika 97.5 dan KMP 75.0. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *