4 Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

Daden Sukendar Sekertaris MUI Kabupaten Sukabumi

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulilah Wa Syukru Ala Ni’amillah sampai detik ini, di hari yang ke 5 Ramadhan kita masih dilimpahi begitu banyak ni’mat oleh yang Maha Rahman yakni Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

Semoga kita dapat senantiasa mensyukurinya, karena dengan bersyukur Insya Allah kita akan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT sesuai dengan tujuan puasa yang sedang kita jalankan, sebagaimana termaktub dalam Alqur’an Surat Al-Baqarah ayat 183.

Bacaan Lainnya

Melaksanakan puasa itu sendiri adalah, salah satu bentuk syukur atas ni’mat Allah SWT telah diberikan kepada kita, ni’mat sehat wal’afiat terlebih lagi ni’mat iman dan lslam, sehingga kita yakin bahwa puasa Ramadhan adalah syariat Islam yang tidak hanya merupakan kewajiban seorang muslim namun sekaligus kebutuhan dan media syukur kita kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

Aljannatu Musytaqotun Ila Arba’ati Nafarin, Taalil Qur’an, Wa Haafidzi Lisan, Wa Muth’imul Jii’aan Wa Shooimiina Fi Syahri Romadhon.

Artinya, surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Alqur’an, orang yang senantiasa menjaga lisan dari ucapan-ucapan yang mencaci atau menyebar kebencian, orang yang memberi makan orang lain yang sedang lapar dan orang yang menjalankan puasa ramadhan. Nah, keempat golongan itu berkumpul potensinya di bulan Ramadhan.

Pertama, pembaca Al-Quran. Selain dapat menentramkan hati, membaca Al-Quran juga bisa mengantarkan pembacanya ke derajat tertinggi di surga. Nabi SAW bersabda, “Bacalah (Al-Quran), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu pada kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

Kedua, orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mengumpat, menyakiti orang lain melalui lisannya. Disebutkan dalam sebuah hadis, “Wahai Rasulullah, ada seorang wanita yang hanya melaksanakan shalat wajib saja dan hanya bersedekah dengan sepotong keju namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.” Nabi SAW menjawab, “Dia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari).

Ketiga, orang yang memberi makan terhadap orang lapar. Nabi SAW bersabda, “Siapapun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan. Pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dan buah-buahan surga.” (HR. Tirmidzi).

Keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Nabi SAW bersabda, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Al-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari).

Semoga kita termasuk kepada keempat potensi golongan manusia yang dirindukan Surga tersebut. Aamin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *