KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Baznas Salurkan Zakat Rp 6 Miliar

SUKABUMI,RADARSUKABUMI.com — Pada hari keempat Ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi menyalurkan dana sebesar Rp 6.273.700.000 kepada para mustahik zakat.

Proses penyaluran zakat ini langsung disaksikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Bale Budaya Pudak Arum Pendopo Sukabumi, kemarin (9/5).

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, para penerima bantuan zakat itu ialah 846 Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) dengan anggaran sebesar Rp 907 juta, 2.480 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) sebesar Rp 4,36 miliar, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) sebesar Rp 175 juta, 10 orang penyandang disabilitas sebesar Rp 17,5 juta, 407 Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Salafi Rp 488,4 juta, 386 imam masjid dengan anggaran Rp 386 juta, 10 Usaha Kecil Menengah (UKM) Rp 53 juta dan pengadaan alat pengelolaan sampah sebesar Rp 50 juta.

Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, U Ruyani mengatakan, Ponpes yang mendapatkan bantuan ini merupakan hasil verifikasi Forum Ponpes Salafi dan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi.

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, tidak semua Ponpes Salafi di Kabupaten Sukabumi mendapatkan bantuan itu. “Sebab itu, kami mohon maaf bagi Ponpes yang belum memiliki kesampatan mendapatkan bantuan. Ke depan kami akan berupaya optimal dan menambah kuota bantuan,” kata Ruyani kepada Radar Sukabumi, kemarin (9/5).

Pihaknya meminta kepada seluruh pimpinan Ponpes Salafi untuk bersama bahu membahu menyadarkan para aghnia untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Sukabumi sebagai lembaga pengumpul zakat yang syah secara Undang-undang. “Dengan demikian, diharapkan pemasukan zakat kedepannya akan semakin meningkat,” tuturnya.

Lanjut Ruyani, dengan peningkatan jumlah penghasilan zakat tentunya Baznas Kabupaten Sukabumi akan dapat membantu mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sukabumi supaya lebih baik, religius dan mandiri.

“Mudah-mudahan kesadaran masyarakat dalam menyalurkan zakatnya bisa melalui Baznas. Karena tidak dipungkiri saat ini, masih banyak masyarakat yang menyalurkan zakatnya tidak melalui Baznas,” sahutnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meminta masyarakat bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas supaya nanti bisa kembali disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat. Pertemuan ini tentunya menjadi ajang silaturahmi antar ulama dan umaro.

Kami meminta kepada masyarakat jangan dilihat nilai bantuan yang diberikan, tetapi bagai mana antara ulama dan umaro bisa memberikan kontribusi,” singkatnya.

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan